Selasa 28 September 2021, 20:10 WIB

Pesawat Tempur Elektronik Tiongkok Dipasang Pelacak dan Rudal

Mediaindonesia.com | Internasional
Pesawat Tempur Elektronik Tiongkok Dipasang Pelacak dan Rudal

Antara
Ilustrasi

 

Pesawat tempur elektronik Tiongkok J-16D untuk pertama kalinya terlihat terpasang perangkat pelacak dan rudal selama berlangsungnya Airshow Tiongkok di Zhuhai pada 28 September-3 Oktober 2021.

Alat yang dikenal dengan sebutan "jammer" itu dan rudal terpasang di bawah sayap dan saluran masuk udara selain dua perangkat tempur elektronik di ujung sayapnya.

Pesawat yang merupakan hasil pengembangan dari generasi pendahulunya J-16 tersebut memiliki kemampuan tempur yang komprehensif, baik mengintai, menyerang, maupun bertahan.

J-16D juga secara efektif mampu menangkal serangan lawan melalui sistem peringatan dini, komando, komunikasi, penghadangan, dan penyerangan.

Pesawat tempur baru itu akan meningkatkan kemampuan peperangan elektronik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA). Jet tempur J-16D akan menjadi bagian vital PLA dalam peperangan modern.

Peperangan elektronik atau electronic warfare menggunakan spektrum elektromagnetik atau energi untuk mengendalikan spektrum dalam menyerang dan menghalau serangan lawan.

Peperangan model ini bisa dilakukan melalui udara, laut, darat, dan luar angkasa, baik dengan alat yang berawak maupun tidak.

Perang ini menyasar manusia, sistem komunikasi, radar, atau aset yang lain. Di pesawat tempur Sukhoi versi mutakhir milik TNI Angkatan Udara juga telah terpasang "jammer" tersebut.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ilustrasi

Prancis Luncurkan Satelit Komunikasi Militer Canggih

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 19:15 WIB
Satelit dapat mengamati sekelilingnya dan bergerak sendiri untuk menghindari...
AFP/TIMOTHY A. CLARY

Taiwan-AS Bahas Soal Partisipasi Taiwan di PBB

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 17:15 WIB
Tiongkok mengatakan bahwa Taiwan adalah salah satu provinsinya, sehingga memiliki hak tunggal untuk mewakili Taiwan secara...
AFP

Utusan AS Desak Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:38 WIB
Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim bertemu dengan mitra selatannya Noh Kyu-duk setelah pertemuan dengan mitra Jepang mereka di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya