Kamis 02 September 2021, 17:36 WIB

Menlu: Taliban Telah Tunjuk Pejabat Sementara karena Kebutuhan Mendesak

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Menlu: Taliban Telah Tunjuk Pejabat Sementara karena Kebutuhan Mendesak

AFP
Ilustrasi

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan dalam pertemuannya dengan Taliban di Doha pada Kamis (26/8) lalu, kelompok tersebut menyampaikan telah melakukan penunjukan pejabat sementara demi memenuhi kebutuhan mendesak.

“Mengingat adanya kebutuhan mendesak maka telah dilakukan penunjukan pejabat sementara yaitu posisi untuk Menteri Pertahanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Inteligen, Gubernur Bank Sentral, Gubernur Kabul dan Walikota Kabul,” kata Retno dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (2/9).

Retno menjelaskan, Taliban juga menyampaikan komitmennya untuk membentuk pemerintahan yang inklusif secepat mungkin, demi mengurangi risiko instabilitas domestik dan memudahkan Taliban dalam menjalin hubungan dengan dunia luar.

Baca juga : Menlu Beberkan Sulitnya Evakuasi WNI dari Afghanistan

Dalam kesempatan tersebut, Menlu menggunakan kesempatan yang masih terbuka untuk menyampaikan pesan dan harapan Indonesia, antara lain, pentingnya terus diupayakan pembentukan pemerintahan yang inklusif, pentingnya jaminan bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai breeding and training ground bagi aktivitas kelompok teroris yang dapat mengancam keamanan dan stabilitas kawasan serta dunia, dan pentingnya penghormatan terhadap hak-hak perempuan.

“Selain itu kami juga menegaskan bahwa satu-satunya keinginan Indonesia adalah melihat Afghanistan yang damai stabil dan makmur,” pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Ant/Suwandy

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina saat Bentrokan di Tepi Barat

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:55 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan Palestina mengatakan bahwa seorang remaja Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel pada Sabtu pagi dalam serangan...
MI/Palce Amalo

Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:35 WIB
RAKYAT Timor Leste yakin Presiden Ramos Horta akan memenuhi janjinya menjadi presiden bagi seluruh warga, serta mampu membawa negara itu...
Johan ORDONEZ / AFP

Terlibat Korupsi, Dua Putra Mantan Presiden Panama Diadili di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:27 WIB
Luis Enrique dan Ricardo Martinelli divonis dituduh menerima suap sebesar $28 juta dari kelompok konstruksi tersebut, di mana $19 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya