Minggu 25 Juli 2021, 20:15 WIB

Maskapai Israel Israir Buka Penerbangan Langsung ke Maroko

Nur Aivanni | Internasional
Maskapai Israel Israir Buka Penerbangan Langsung ke Maroko

timesofisrael
Israir

 

Maskapai Israel Israir meluncurkan penerbangan komersial langsung pertama antara negara Yahudi dan Maroko pada hari Minggu sejak negara-negara itu menormalkan hubungan diplomatik dalam kesepakatan yang ditengahi AS tahun lalu.

Dikatakan Juru Bicara Israir Tali Leibovitz kepada AFP, sekitar 100 penumpang berada dalam penerbangan yang berangkat dari Tel Aviv ke Marrakesh. Dua hingga tiga penerbangan per minggu, tambahnya, direncanakan pada rute tersebut.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan pekan lalu bahwa dia akan mengunjungi Maroko tak lama setelah layanan Israir diluncurkan.

Maroko adalah salah satu dari empat negara kawasan yang menormalkan hubungan dengan Israel pada 2020, bersama dengan Bahrain, Sudan, dan Uni Emirat Arab.

Langkah itu dilakukan ketika pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, bekas jajahan Spanyol yang disengketakan dan terpecah.

Maroko adalah rumah bagi komunitas Yahudi terbesar di Afrika Utara, yang berjumlah sekitar 3.000 orang. Sekitar 700.000 orang Yahudi asal Maroko tinggal di Israel.

Rabat memiliki kantor penghubung di Tel Aviv tetapi hubungan terhenti selama intifada kedua atau pemberontakan Palestina pada 2000-2005.

Kesepakatan normalisasi antara negara-negara Arab dan Israel telah dianggap sebagai pengkhianatan oleh Palestina, yang percaya bahwa proses tersebut seharusnya hanya mengikuti resolusi konflik Israel-Palestina. (AFP/OL-12)

 

Baca Juga

nytimes.com

10 Ribu Migran Mayoritas dari Haiti Tinggal di Bawah Jembatan Texas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:48 WIB
Lebih dari 10.000 migran sebagian besar warga Haiti ditempatkan di sebuah kamp kumuh di bawah jembatan di Texas selatan pada Jumat...
BULENT KILIC / AFP

Taliban Larang Anak Perempuan Kembali ke Sekolah Menengah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:16 WIB
Sekolah menengah, dengan siswa biasanya berusia antara 13 dan 18 tahun, sering dipisahkan berdasarkan jenis kelamin di...
AFP

Presiden Argentina Umumkan Kabinet Baru Pascakrisis Politik

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 18 September 2021, 15:05 WIB
Langkah Alberto Fernandez bertujuan meredam krisis politik di Argentina, yang dipicu pemilihan pendahuluan legislatif pada pekan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya