Rabu 07 Juli 2021, 17:25 WIB

Australia Gulirkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di RI

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Australia Gulirkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di RI

AFP
Bendera Australia yang dijadikan penghias kepala oleh seorang suporter tenis.

 

AUSTRALIA segera memberikan bantuan kesehatan untuk mengatasi lonjakan kasus covid-19 di Indonesia. Dalam perbincangan dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, Menlu Australia Hon Marise Payne mengonfirmasi sejumlah paket dukungan kesehatan.

Paket bantuan itu terdiri dari peralatan medis, seperti 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 tabung oksigen, berbagai bahan habis pakai dan suplai medis lainnya senilai US$12 juta. Kemudian, lebih dari 40.000 alat tes antigen dan 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca.

“Dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, mempertahankan layanan kesehatan dan membantu fasilitas medis darurat. Ketika Indonesia berjuang mengatasi jumlah kasus covid-19 yang terus meningkat,” ujar Hon dalam pernyataan tertulis, Rabu (7/7).

Baca juga: Menlu RI Bertemu Menlu Rusia, Bahas Pengadaan Vaksin Covid-19

Selain pengumuman Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada KTT G7 terkait penyediaan 20 juta vaksin covid-19 untuk kawasan Indo-Pasifik pada pertengahan 2022, sebanyak 2,5 juta dosis vaksin juga akan dibagikan kepada Indonesia. Upaya ini mendukung peluncuran program vaksinasi nasional.

“Paket tersebut dibangun atas dukungan kuat Australia untuk merespons kasus covid-19 di Indonesia,” imbuh Hon.

Lebih lanjut, dia mengatakan sejak awal pandemi covid-19, Australia telah memberikan pinjaman sebesar US$1,5 miliar untuk mendukung penanganan covid-19 dan dampak ekonomi di Indonesia. Serta, melakukan reorientasi kemitraan pembangunan jangka panjang dan menyediakan 100 ventilator non-invasif. Berikut, penyediaan peralatan medis dan laboratorium.

Baca juga: Cegah Aktivitas Ilegal, RI-Australia Gelar Patroli Maritim

Melalui Regional COVID-19 Vaccine Access and Health Security Initiative senilai US$523 juta, Australia menyalurkan US$101,9 juta untuk mendukung program vaksinasi di Indonesia. Ini termasuk pendanaan untuk pengadaan vaksin melalui UNICEF sebesar US$77,1 juta. Serta, dukungan pengiriman melalui Bank Dunia, UNICEF dan WHO dan Kemitraan Keamanan Kesehatan Australia-Indonesia.

Kontribusi Australia sebesar US$130 juta untuk Komitmen Pasar Lanjutan COVAX, juga mendukung kebutuhan vaksin covid-19 di Indonesia dan negara peserta lainnya. “Selain itu, Indonesia akan mendapat manfaat dari kontribusi Australia sebesar US$100 juta untuk Quad Vaccine Partnership, yang akan mendukung distribusi vaksin di seluruh Asia Tenggara,” tandasnya.(OL-11)
 

 

 

Baca Juga

Ant/Suwandy

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina saat Bentrokan di Tepi Barat

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:55 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan Palestina mengatakan bahwa seorang remaja Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel pada Sabtu pagi dalam serangan...
MI/Palce Amalo

Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:35 WIB
RAKYAT Timor Leste yakin Presiden Ramos Horta akan memenuhi janjinya menjadi presiden bagi seluruh warga, serta mampu membawa negara itu...
Johan ORDONEZ / AFP

Terlibat Korupsi, Dua Putra Mantan Presiden Panama Diadili di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:27 WIB
Luis Enrique dan Ricardo Martinelli divonis dituduh menerima suap sebesar $28 juta dari kelompok konstruksi tersebut, di mana $19 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya