Senin 07 Juni 2021, 01:50 WIB

Sheikh Jarrah, dari Kampung di Jerusalem ke Tagar Global

Mediaindonesia.com | Internasional
Sheikh Jarrah, dari Kampung di Jerusalem ke Tagar Global

AFP/Ahmad Gharabli.
Penyair dan penulis Palestina Muhammad el-Kurd, salah satu dari mereka yang menghadapi kehilangan rumah karena diusir Israel.

 

SELAMA beberapa dekade, Sheikh Jarrah hanyalah suatu kampung di Jerusalem timur yang dicaplok Israel. Namun kini ceritanya telah menjadi viral secara online sejak protes berkobar terhadap rencana pengusiran warga Palestina dari rumah-rumah mereka di sana.

"Kami telah berhasil, tidak hanya menjelaskan permukiman di Jerusalem tetapi juga hak orang Palestina untuk membela diri, hak mereka untuk melawan penjajah, dan hak mereka untuk berpendapat," kata Muhammad el-Kurd.

Penyair dan penulis berusia 23 tahun itu, salah satu dari mereka yang menghadapi kehilangan rumah mereka, telah bekerja tanpa lelah untuk mempublikasikan masalah ini. Dalam prosesnya, ia memperoleh lebih dari 180.000 pengikut Twitter dan lebih dari setengah juta di Instagram.

Dia berbicara kepada AFP pekan lalu, sebelum polisi Israel pada Minggu (6/6) memasuki rumah keluarganya dan mengeluarkan surat panggilan untuk penangkapannya dan menahan saudara kembarnya Mona el-Kurd. Keduanya sesama aktivis dengan lebih dari satu juta pengikut Instagram.

"Dari awal kampanye, wacana kami sangat jelas," kata Muhammad el-Kurd sebelumnya kepada AFP. "Kami berbicara tentang kolonialisme dan permukiman, bukan hanya tentang pelanggaran hak asasi manusia."

 

Protes di Sheikh Jarrah menyebar awal bulan lalu ke kompleks masjid Al-Aqsa di kota itu. Hal tersebut memicu tindakan keras oleh pasukan keamanan Israel terhadap warga Palestina di sana.

Itu pun memicu perang 11 hari antara negara Yahudi dan militan Palestina di Jalur Gaza. Pada gilirannya perang itu menimbulkan protes di banyak negara untuk mendukung Palestina.

 

Tagar #SheikhJarrah dan #SaveSheikhJarrah menjadi viral. Selebritas dari aktor Mark Ruffalo dan Viola Davis hingga pesepakbola Manchester City Riyad Mahrez telah mem-posting tentang lingkungan itu di media sosial. (OL-14)

Baca Juga

AFP

WHO: Omicron Timbulkan Risiko Global yang Sangat Tinggi

👤Mediaindonesia 🕔Senin 29 November 2021, 17:48 WIB
Omicron memiliki jumlah mutasi lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensialnya...
Antara/Fikri Yusuf

PBB: Pandemi Rugikan Sektor Pariwisata Global $2,0 Triliun pada 2021

👤Nur Aivanni  🕔Senin 29 November 2021, 17:20 WIB
Kedatangan turis internasional tahun ini akan tetap 70-75% di bawah 1,5 miliar kedatangan yang tercatat pada 2019 sebelum pandemi...
AFP/Organisasi Energi Atom Iran.

Perjalanan Berliku Perjanjian Nuklir Iran pada 2015

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 14:39 WIB
Dengan pembicaraan tentang pemulihan kesepakatan yang akan dimulai di Wina pada Senin (29/11), mari kita lihat kembali sejarahnya yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya