Jumat 26 Februari 2021, 07:11 WIB

Lebih dari 250 Ribu Warga Brasil Meninggal Akibat Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Lebih dari 250 Ribu Warga Brasil Meninggal Akibat Covid-19

AFP
Dengan menggunakan APD lengkap, petugas memakamkan jenazah covid-19 di Manaus, Brasil.

 

KASUS kematian akibat covid-19 di Brasil sudah lebih dari 250 ribu orang. Tepatnya setahun setelah kasus positif pertama ditemukan di negara tersebut.

Angka kematian di Brasil merupakan tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat. Diketahui, kasus kematian akibat covid-19 di AS sudah melampaui 500 ribu orang.

Pekan ini telah menjadi yang paling mematikan bagi Brasil di masa pandemi covid-19. Berdasarkan data otoritas, rata-rata kasus kematian harian mencapai 1.149 orang dalam tujuh hari terakhir.

Baca juga: WHO Khawatirkan Peningkatan Kasus Covid-19 di Brasil dan Meksiko

Kabar itu datang sehari sebelum Brasil menandai satu tahun sejak kasus pertama covid-19 dikonfirmasi. Kasus pertama menyasar seorang pengusaha asal Sao Paulo, yang kembali dari perjalanan ke Italia. Sejak saat itu, covid-19 telah menyebar ke seluruh negara di Amerika Selatan.

Brasil memulai vaksinasi pada pertengahan Januari lalu. Suplai vaksin covid-19 berasal dari perusahaan farmasi asal Tiongkok dan Inggris. Sekitar enam juta warga Brasil telah menerima dosis pertama, lalu sekitar 1,3 juta telah menerima dosis kedua.

Baca juga: Meksiko Setujui Vaksin Covid-19 CanSino dan CoronaVac

Namun, pemerintah Brasil masih jauh dari langkah untuk memenuhi janji Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello. Dia menargetkan vaksinasi terhadap 212 juta orang pada akhir tahun.

Kekurangan pasokan vaksin telah memaksa beberapa daerah utama untuk menghentikan program vaksinasi sementara waktu. Termasuk, Rio de Janeiro dan Salvador.

Pekan ini, regulator kesehatan federal Anvisa, menyetujui vaksin covid-19 dari perusahaan farmasi asal AS, Pfizer, serta mitra dari Jerman, BioNTech.(AFP/OL-11)

Baca Juga

AFp/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Eropa Catat Lebih dari Satu Juta Kematian Akibat Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 08:15 WIB
Prancis, Italia, dan Rusia sementara itu menghadapi gelombang ketiga infeksi virus korona dan memvaksinasi populasi mereka dengan lebih...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Rusia Ancam Paksa Navalny Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 13 April 2021, 08:09 WIB
Tokoh oposisi berusia 44 tahun itu kini hanya memiliki berat badan 77 kilogram, turun dari 85 kilogram ketika dia mulai melakukan mogok...
AFP

Dampak Korona, Rusia Tangguhkan Penerbangan ke Turki dan Tanzania

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 08:07 WIB
Wakil Perdana Menteri bidang Kesehatan Tatiana Golikova mengatakan penangguhan penerbangan berlangsung dari 15 April hingga 1 Juni...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya