Sabtu 23 Januari 2021, 08:05 WIB

Sidang Pemakzulan Trump Akan Dimulai Minggu Kedua Februari

Nur Aivanni | Internasional
Sidang Pemakzulan Trump Akan Dimulai Minggu Kedua Februari

Nicholas Kamm / AFP
Donald Trump akan menghadapi sidang pemakzulan dijadwalkan Februari 2021.

 

SIDANG Senat AS Donald Trump akan dimulai pada minggu kedua Februari, beberapa hari setelah kasus pemakzulan baru terhadap mantan presiden dikirim oleh DPR. Hal itu disampaikan oleh Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer pada Jumat (22/1).

Jadwal yang baru diumumkan itu mencerminkan kesepakatan yang dibuat oleh para pemimpin Senat untuk menunda bagian substantif dari persidangan selama dua minggu, sehingga majelis dapat melakukan urusan penting lainnya termasuk mengonfirmasi calon kabinet Presiden AS Joe Biden.

DPR AS memakzulkan Trump untuk kedua kalinya pada 13 Januari, hanya satu minggu sebelum dia meninggalkan jabatannya. Schumer mengatakan artikel pemakzulan akan disampaikan dan dibacakan ke Senat pada Senin pukul 19.00 waktu setempat. Kemudian, 100 anggota majelis akan dilantik sebagai anggota juri sidang pada hari berikutnya.

Anggota DPR yang ditugaskan oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai manajer pemakzulan dan anggota tim pembela Trump yang belum disebutkan namanya kemudian akan diberi waktu untuk menyusun ringkasan hukum mereka.

"Setelah ringkasan hukum disusun, presentasi oleh para pihak akan dimulai pada pekan tanggal 8 Februari," kata Schumer kepada rekan-rekannya di lantai Senat.

Selama dua minggu ini, Senat akan bertindak terkait pencalonan kabinet Biden.

"Dan RUU bantuan covid yang akan memberikan bantuan bagi jutaan orang Amerika yang menderita selama pandemi ini," tambah Schumer.

baca juga: Nasib Akun Facebook Trump Ada di Tangan Dewan Pengawas

Trump dimakzulkan dengan satu tuduhan, yaitu menghasut pemberontakan, karena perannya dalam menghasut para pendukungnya selama pidatonya di Washington pada 6 Januari, hari ketika massa pro-Trump menyerbu Kongres dan mengancam nyawa anggota parlemen dan Wakil Presiden Mike Pence. Sebanyak lima orang tewas dalam kekerasan itu, termasuk seorang petugas polisi. (AFP/OL-3)


 

Baca Juga

OSHIKAZU TSUNO / POOL / AFP

Tokyo Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 Hingga 21 Maret

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 10:51 WIB
Dalam keadaan darurat, pemerintah telah meminta restoran dan bar tutup pada pukul 8 malam serta berhenti menyajikan alkohol satu jam lebih...
Tiziana FABI / AFP

Italia Blokade Ekspor Vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Australia

👤 Nur Aivanni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 09:53 WIB
Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Italia mengatakan bahwa pengiriman tersebut dihentikan karena terus kekurangan vaksin di...
AFP

Kementerian dan Konglomerat Militer Myanmar Masuk Daftar Hitam AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 08:45 WIB
AS menambahkan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri serta konglomerat militer teratas di Myanmar dalam daftar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya