Rabu 16 Desember 2020, 18:25 WIB

Indonesia Gulirkan Dana Hibah untuk Solomon dan Fiji

Nur Aivanni | Internasional
Indonesia Gulirkan Dana Hibah untuk Solomon dan Fiji

Antara/Aditya Pradana
Menlu RI Retno Marsudi saat mengikuti rapat di Komisi I DPR RI.

 

INDONESIA menandatangani perjanjian hibah dengan dua negara, yaitu Kepulauan Solomon dan Fiji. Hibah itu ditujukan untuk penanganan pandemi covid-19.

"Hibah ini menggunakan pendanaan dari Indonesian Aid yang kita dirikan pada Desember 2019," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing virtual, Rabu (16/12).

Retno menyatakan perjanjian itu mencerminkan komitmen Indonesia yang kuat dalam menjalin kemitraan dengan negara di kawasan Pasifik. Terutama di masa krisis akibat pandemi covid-19.

Baca juga: Kepulauan Solomon Catat Kasus Pertama Covid-19

"Seperti kata pepatah a friend in need is a friend indeed," imbuh Retno.

Hibah yang digulirkan Indonesia di beberapa negara Pasifik, lanjut Retno, akan digunakan untuk pengadaan alat kesehatan yang diproduksi Indonesia.

"Kerja sama dan solidaritas internasional di masa krisis sangat penting. Karena tidak ada satu pun negara yang kebal dari pandemi. Tidak ada satu pun negara yang dapat menanggulanginya sendirian," jelasnya.

Retno juga menekankan bahwa Indonesia dan negara kawasan Pasifik memiliki banyak kesamaan. Baik dari aspek budaya, bahasa, kesamaan kepentingan pada sejumlah isu internasional, termasuk perubahan iklim.

Baca juga: Indonesia Harus Waspadai Risiko Diplomasi Vaksin Tiongkok

"Indonesia dan negara-negara Pasifik telah mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang. Termasuk bidang ekonomi, pembangunan dan kerja sama teknis," ungkap Retno.ya.

Ke depan, Indonesia akan terus memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik. Tujuannya menciptakan stabilitas, ketahanan dan pembangunan berkelanjutan di kawasan.(OL-11)

Baca Juga

PETIT TESSON / POOL / AFP

Uni Eropa akan Buka Misi Diplomatik Bersama di Afghanistan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:30 WIB
Barat telah lama mencari cara untuk terlibat dengan Taliban setelah kelompok itu mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada...
Hector RETAMAL / AFP

Taliban Keluarkan Dekrit Wanita Tidak Boleh Dipaksa Menikah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:38 WIB
Pemerintah Taliban Afghanistan mengeluarkan dekrit tentang hak-hak perempuan yang menyatakan bahwa perempuan tidak boleh dianggap...
AFP/US Marshals.

Polisi Cari Orangtua Tersangka Penembakan di Sekolah Michigan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:08 WIB
Tidak seperti beberapa negara bagian, Michigan tidak secara hukum mewajibkan pemilik senjata untuk mengamankan senjata api mereka dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya