Minggu 03 Mei 2020, 17:17 WIB

Pemimpin Eropa Bersatu Perangi Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Pemimpin Eropa Bersatu Perangi Covid-19

Ilustrasi
Perangi virus korona

 

PARA pemimpin Eropa telah berjanji untuk meningkatkan miliaran pendanaan untuk membantu menemukan vaksin dan perawatan untuk virus korona jenis baru (covid-19) sebagai bagian dari ‘aliansi internasional’ yang memerangi covid-19.

Konferensi daring yang akan diadakan, Senin (4/5), bertujuan mengumpulkan dana 7,5 miliar euro dalam pendanaan respons global terhadap pandemi covid-19.

Menulis di surat kabar Independen, para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Norwegia dan pejabat senior Uni Eropa mengatakan, wabah covid-19 “Menyebabkan kehancuran dan rasa sakit di seluruh penjuru dunia."

Mereka mengatakan menfhadapi ‘tantangan global’ tersebut diperlukan menyatukan pikiran terbaik di dunia dan kesiapan tinggi untuk menemukan vaksin, perawatan, dan terapi yang dibutuhkan untuk membuat dunia sehat kembali.

Ini akan turut memperkuat sistem kesehatan yang akan membuatnya tersedia untuk semua, dengan perhatian khusus untuk Afrika, kata mereka.

Para politikus menyatakan dukungan mereka kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mendukung peluncuran " Access to Covid-19 Tools (ACT) Accelerator” baru-baru ini.

‘Platform kerja sama global ini bertujuan untuk mempercepat penelitian, pengembangan, akses, dan distribusi vaksin covid-19 dan perawatan lainnya,’ tulis para pemimpin. Mereka menambahkan platform telah meletakkan dasar bagi aliansi internasional nyata untuk memerangi penyakit virus korona.

Baca juga :Perempuan Berusia 106 Tahun di Prancis Pulih dari Covid-19

Uang yang dijanjikan melalui konferensi daring akan mengisi ‘kekurangan’ pendanaan global yang diperkirakan oleh Dewan Pemantauan Kesiapan Global (GPMB)--badan pemantau dan akuntabilitas independen yang memastikan kesiapan menghadapi krisis kesehatan global--dan lainnya.

Artikel di Independen ditulis bersama oleh Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg, dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Para pemimpin politik menulis, ‘Dana yang kami kumpulkan akan memulai kerja sama global yang belum pernah terjadi sebelumnya antara ilmuwan dan regulator, industri dan pemerintah, organisasi internasional, yayasan, dan profesional kesehatan.’

Yayasan Bill dan Melinda Gates serta Wellcome Trust juga disebutkan akan bergabung dengan kampanye global tersebut.

Pendanaan akan diarahkan untuk organisasi kesehatan seperti CEPI, Gavi, Vaccines Alliance, Global Fund, dan Unitaid.

“Jika kita dapat mengembangkan vaksin yang diproduksi oleh dunia, untuk seluruh dunia, ini akan menjadi barang publik global yang unik dari abad ke-21,” kata para pemimpin Eropa.

Mereka menambahkan, "Ini adalah tugas generasi kita dan kita tahu kita bisa mewujudkannya." “Ini adalah tentang dunia melawan covid-19. Dan bersama-sama kita akan menang." (The Guardian/OL-2)

 

Baca Juga

AFP

Sejumlah Negara Perketat Pembatasan Masuk dari Luar Negeri

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:50 WIB
Amerika Serikat akan bergabung dengan Prancis, Israel, dan Swedia dalam membatasi kedatangan...
Alexei Druzhinin / Sputnik / AFP

Vladimir Putin Terancam Dikiritik saat di Forum Ekonomi Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:13 WIB
Negara-negara Barat sedang mempertimbangkan kemungkinan penerapan sanksi baru terhadap Rusia atas perlakuan pemerintah Rusia terhadap...
AFP/Mladen Antonov

Soal Vaksin Tiongkok tidak Ingin Bersaing dengan India

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 22:56 WIB
Pemerintah Tiongkok tidak ingin terlibat persaingan atau berkonfrontasi soal vaksin Covid-19 dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya