Senin 27 Februari 2023, 19:29 WIB

Mahasiswa Universitas Prasmul Ikuti Program Comdev di Kuningan

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Mahasiswa Universitas Prasmul Ikuti Program Comdev di Kuningan

Ist
Festival Saung Rahayat sebagai acara puncak rangkaian Program Comdev Universitas Prasetya Mulya di Kuningan, Jawa Barat.

 

SEBANYAK 900 mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, membaur dengan warga setempat.

Mereka menetap tinggal selama 20 hari lebih dalam Program Community Development (Comdev) yang digagas Universitas Prasmul didukung Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

Puncak kebersamaan para mahasiswa dan warga Kuningan digelar Festival Saung Rahayat 2023 yang mengangkat Tema Rindu: Rahayu Sang Windu di Lapangan Pandapa Paramarta Kabupaten Kuningan, Minggu (26/2). Ratusan warga Kuningan antusias mengunjungi festival yang disertai dengan penampilan musik, tari tradisional, dan lain lain.

Festival Saung Rahayat merupakan acara tahunan yang digelar Universitas Prasmul sebagai penutup Program Comdev tersebut.

Kegiatan ini berupa pendampingan bagi pegiat UMKM wilayah Kabupaten Kuningan. Rangkaian kegiatan Saung Rahayat sebelumnya digelar Sabtu (25/2) berupa pembekalan dan demo memasak di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kuningan. Para pendamping UMKM dari mahasiswa Prasmul bersama warga pengelola UMKM melakukan presentasi dan menayangkan video promosi produk serta konsultasi dengan para juri.

Adapun puncak acara Saung Rahayat diisi booth-booth UMKM yang ditata menarik hasil olahan produk pendampingan mahasiswa Prasmul yang membantu mengembangkan olahan UMKM mulai brand identity product, packaging product, sales promotion product, dan lainnya sehingga nilai jual olahan para pegiat UMKM Kabupaten Kuningan dapat memiliki daya jual tinggi untuk dipasarkan kepada warga Kuningan maupun di luar Kuningan.


Baca juga: UT Kembali Peroleh Gelar Akreditasi A bagi Program Magister Pendidikan Dasar


Dalam sambutan pada Festival Saung Rhayat, Rektor Universitas Prasmul Djisman S Simandjuntak mengutarakan Program Comdev ini berbasis kewirausahaan melibatkan mahasiswa secara langsung dalam proses pengembangan bisnis mitra UMKM di Kuningan. Mereka tinggal bersama mitra UMKM hampir satu bulan memberikan edukasi dan wawasan tentang manajemen bisnis yang telah didapatkan selama kuliah di kampus, sekaligus belajar cara mengelola bisnis dari UMKM.

"Program Comdev ini bagian terpenting dari pembelajaran di  Prasmul. Kegiatan ini membawa dua tujuan penting agar mahasiswa bisa belajar kearifan lokal di suatu daerah serta mahasiswa ditantang menggabung ilmu pengetahuan dengan kearifan lokal dengan harapan dapat menghasilkan sesuatu yang kreatif dan inovatif," kata Prof Djisman seraya menambahkan Prasmul tidak hanya mencetak manusia cerdas namun peduli pada masyarakat juga memupuk toleransi dan menjaga keberagaman di masyarakat.

Dia juga mengingatkan bahwa tanggung jawab Indonesia memajukan UMKM, tidak sekadar untuk maju, tapi atas dasar ilmu pengetahuan.

Dalam kesempatan itu, Djisman juga berharap ada tindak lanjut dari Program Comdev di Kuningan di antaranya siap menjalin kerja sama dengan Universitas Kuningan serta memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Kuningan.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi Universitas Prasmul yang berkontribusi turut membangun dan memberdayakan warga Kuningan melalui Program Comdev. Dia juga mengpresiasi para mahasiswa Prasmul yang membaur dengan warga secara produktif.

"Kami atas nama Pemkab Kuningan berterima kasih kepada sivitas akademika Universitas Prasetya Mulya yang memilih Kuningan dalam Program Comdev 2023 menjalin kerja sama di berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi utamanya kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat termasuk pelaksanaan comdev. Kegiatan ini memberikan pendampingan pada UKM melalui sentuhan inovasi dan kolaborasi, dengan waktu singkat namun tetap mempertahankan kearifan lokal," kata Acep. (OL-16)

Baca Juga

Freepik

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 29 Maret 2023, 06:30 WIB
Selain menggunakan produk perawatan kulit, seseorang juga perlu menjaga kesehatan kulit melalui asupan makanan dan...
Antara/Galih Pradipta

Pemda Diminta Buat Terobosan Cegah Tawuran dan Perang Sarung

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Maret 2023, 05:21 WIB
KemenPPPA meminta pemerintah daerah melakukan terobosan untuk mencegah kelompok anak dan remaja perang sarung selama...
Antara/Sigid Kurniawan

Erupsi, Gunung Anak Krakatau Lontarkan Abu Setinggi 600 Meter

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Maret 2023, 03:39 WIB
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas vulkanik berupa erupsi di Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya