Jumat 20 Januari 2023, 17:02 WIB

Universitas Budi Luhur Luncurkan Sekolah Pintar Politik

mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Budi Luhur Luncurkan Sekolah Pintar Politik

Ist
Rektor Universitas Budi Luhur Dr Ir Wendi Usino MSc MM saat meluncurkan Sekolah Pintar Politik, Rabu (18/1).

 

UNIVERSITAS Budi Luhur menggelar acara seminar Etika Politik untuk Membangun Peradaban Bangsa dengan tema 'Membangun Iklim Politik yang Santun dan Berintegritas' sekaligus melakukan soft launching Pintar Politik.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr Ir Wendi Usino MSc MM mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan dan menambah wawasan serta pemahaman peserta seminar terhadap politik santun dan berintegritas dalam perpolitikan di Tanah Air.

"Pesta demokrasi 2024 sudah di depan mata. Menentukan pemimpin berkualitas menjadi tugas setiap masyarakat dan menjadi pemimpin yang berkualitas serta cerdas bukan hanya jadi semalam. Menjadi calon legislatif harus memiliki bekal yang cukup dan tanggung jawab moral yang menguntungkan demokrasi ke depan dan mampu memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat dengan mengedepankan praktik kampanye yang baik," ujar Dr Wendi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (20/1).

Ia menambahkan, pintar politik hadir dalam membantu meningkatkan kualitas politik dan demokrasi serta mempersiapkan para calon legislatif dalam rangka menghadapi kontestasi politik 2024 dalam hal peningkatan kapasitas serta kualitas calon dan peningkatan peluang keterpilihan.

"Melalui pelaksanaan seminar nasional ini dapat menjadi upaya dalam mendukung terciptanya iklim politik Indonesia yang santun dan berintegritas agar pelaksanaan pemilu yang bersih dan bijaksana sebagai upaya aktif perguruan tinggi berperan dalam mewujudkan kehidupan yang maslahat dan sejahtera bagi semuanya," lanjut Rektor.

Dekan Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif Univesitas Budi Luhur Dr Nawiroh Vera MSi menambahkan, etika politik untuk membangun peradaban bangsa diwujudkan dengan semangat gotong-royong dan semangat toleransi untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi bangsa untuk mencapai iklim politik yang santun dan berintegritas.


Baca juga: Pembangunan SDM Jangan Sampai Terhenti Demi Masa Depan Bangsa


"Budaya politik merupakan suatu landasan sistem dalam suatu politik yang memberikan satu arahan dan peran politik yang dilakukan oleh struktur politik. Memasuki tahun politik Indonesia sebagai negara demokrasi akan menghadapi pagelaran pemilihan umum untuk wakil-wakil rakyat di kursi pemerintah negara yaitu Pemilu Presiden, Legislatif, serta Pilkada serentak pada 2024," ungkapnya.

Kepala Magister Komunikasi Universitas Budi Luhur Dr Umaimah Wahid, MSi menambahkan, peluncuran Sekolah Pintar Politik bertujuan untuk memberikan dan menambah wawasan dan pemahaman peserta seminar terhadap politik santun dan berintegritas dalam perpolitikan Indonesia.

"Bagi calon pemilih pun diharapkan memiliki pemahaman dan kesadaran terhadap calon-calon yang dipilih di antaranya dengan dapat mengimplementasi nilai kebudiluhuran yang dimiliki sebagai warga cerdas berbudi luhur demi mencapai kemaslahatan dalam menentukan para wakil rakyat di ranah pemerintahan negara yang bijaksana tertanam sikap sopan santun dan terintegrasi. Santun politik dimaknai bahwa aksi politik tidak membawa perpecahan, tidak saling hujat dan saling mencela bahkan memaki untuk kepentingan kubu politik tertentu," ujarnya.

Acara ini diselenggarakan untuk mempersiapkan suasana politik Indonesia yang semakin dekat dan menjadi bekal bagi masyarakat untuk menghadapi Pemilu mendatang, agar dapat menjadi masyarakat yang cerdas dan bijaksana dalam memilih. Hal ini juga menjadi pengingat para politisi agar senantiasa membangun iklim politik yang santun dan berintegritas untuk selalu mengedepankan kesantunan dan integritas dalam politik.

Hadir dalam seminar ini Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia Prof Dr H Komarudin Hidayat, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI DR TB H Ace Hasan Syadzily MSi, Anggota Komisi III DPR RI H Muhammad Nasir Djamil SAg MSi, dan moderator Dr Lely Arrianie MSi, selaku Ketua Pusat Studi Literasi Kompol Unas. (RO/OL-16)

Baca Juga

dok.humas

HPN 2023, Ganjar Tekankan Pentingnya Media Sebagai Penjaga Persatuan Bangsa

👤Haryanto 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut media mainstream harus memberikan informasi yang terang dan sebagai penjaga persatuan...
AFP/Rami al Sayed.

Solidaritas PMI untuk Turki dan Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:23 WIB
Pada tahap awal, PMI mengirimkan uang senilai US$100 ribu untuk kedua negara...
Dok. Accor

City Of ALL Accor Surabaya dan Jakarta Suguhkan Pameran Spektakuler

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:53 WIB
Pameran yang sepenuhnya terintegrasi dan sangat interaktif itu akan menyingkap dunia penuh manfaat yang ditawarkan oleh ALL (Accor Live...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya