Kamis 19 Januari 2023, 15:35 WIB

Universitas Pancasila dan Hakaaston Nyatakan Program Matching Fund

Mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Pancasila dan Hakaaston Nyatakan Program Matching Fund

DOK Pribadi.
Dunia industri, dunia kerja, dan lembaga mitra terkait digandeng dalam skema insentif matching fund. 

 

PEMERINTAH menyadari pentingnya memberikan kebermanfaatan untuk semua pemangku kepentingan yang ingin terlibat aktif dalam proses pembentukan ekosistem Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sekaligus mengembangkan konektivitas pengembangan ilmu dan teknologi di perguruan tinggi dengan industri. Karenanya, pemerintah merasa perlu memberikan insentif yang mendorong penyelesaian permasalahan strategis nasional dan berbagai tantangan industri dalam ekosistem Kampus Merdeka melalui kemitraan perguruan tinggi dengan DUDI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan skema insentif dana padanan (matching fund) yang mengajak pihak industri dan pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama terlibat dalam proses pembentukan ekosistem Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Dunia industri, dunia kerja, dan lembaga mitra terkait digandeng dalam skema insentif matching fund. 

Melalui program matching fund pada 2022, Universitas Pancasila bermitra dengan PT Hakaaston meperoleh pendanaan dengan topik Komersialisasi Nanogrout untuk Material Perbaikan Jalan, Struktur Bangunan, dan Bearing Pad Jembatan. Menurut penjelasan Prof. Dr.Ir. Jonbi, MT., MM., MSi, INV dan Dr. Ir. Indra Tjahjani, MT, INV sebagai pengusul, output dari program ini ialah produk Nano Grout yang siap dikomersialisasikan.  

Keterlibatan mahasiswa dalam matching fund itu diarahkan untuk mendukung delapan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), salah satunya dalam riset atau penelitian. Mahasiswa yang terlibat dalam matching fund ini berjumlah empat orang terlibat langsung (luring) dan 84 orang secara daring.  

Dalam program matching fund itu, mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tentang riset, proses riset, dan yang menjadi fokus dalam komersialisasi riset. Secara spesifik keterlibatan mahasiswa IKU 2 yakni persentase mahasiswa program sarjana yang mendapatkan pengalaman 20 SKS di luar kampus atau meraih prestasi minimal tingkat nasional. (OL-14)

Baca Juga

DOK Kemenko PMK

Menko PMK: Dana Penanggulangan Kemiskinan Tidak Sampai Rp500 Triliun

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 23:29 WIB
DANA yang telah dikeluarkan pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan dalam arti yang spesifik, hingga kini tidak sampai Rp500...
Dok. Labschool Jakarta

Asah Kreativitas dalam Karya dan Kompetisi, SMP Labschool Kebayoran Kembali Gelar ACEX

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:52 WIB
Kegiatan yang rutin diadakan tersebut, tidak hanya memberikan ruang untuk berkarya dan berekspresi, tapi juga mengapresiasi tumbuh...
Ist

Kemenkes: Penting Deteksi Dini Tangani Penyakit Kusta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:25 WIB
Kondisi disabilitas pada penderita kusta bisa terjadi bila penyakit kusta tidak segera diobati sehingga mengakibatkan kerusakan saraf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya