Jumat 13 Januari 2023, 19:02 WIB

Kapan Isra Miraj 2023, Cek Jadwal Libur di Sini

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Kapan Isra Miraj 2023, Cek Jadwal Libur di Sini

ANTARA FOTO/Aditya Pradana P
ilustrasi salat lima waktu

 

ISRA Miraj merupakan hari besar bagi umat Muslim memperingati perjalanan yang dilakukan Rasulullah SAW dengan membawa sejumlah poin rukun Islam yang hingga kini masih dijadikan pedoman.

Peristiwa Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab menurut sistem penanggalan kalender Hijriah. Untuk menentukan tanggal peringatan Isra Miraj dalam kalender Masehi, dibutuhkan konversi sistem penanggalan Hijriah menjadi Masehi.

Berdasarkan kalender digital terbitan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI yang bertajuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M, peringatan Isra Miraj 2022 jatuh pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.

Pemerintah menetapkan peringatan Isra Miraj sebagai hari libur nasional di Indonesia. Keputusan tersebut telah diumumkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. 

Peristiwa ini dijadikan hari besar untuk memperingati kejadian yang mustahil dilakukan oleh manusia saat ini. Isra adalah perjalanan menembus ruang hingga Rasulullah dapat menempuh jarak Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsa di Palestina dalam waktu singkat. Sementara, Miraj adalah perjalanan menuju Sidratul Muntaha.

Syariar salat lima waktu merupakan salah satu kejadian penting yang terjadi saat Rasulullah SAW melakukan Isra Miraj.

Hadits dalam Kitab-kitab Fadhail ash-Shahabah tertulis:

هِيَ خَمْسٌ، وَهِيَ خَمْسُونَ، لاَ يُبَدَّلُ القَوْلُ لَدَيَّ". قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى، فَقَالَ: رَاجِعْ رَبَّكَ. فَقُلْتُ: اسْتَحْيَيْتُ مِنْ رَبِّي

Artinya, "Lima waktu itu setara dengan lima puluh waktu. Tak akan lagi berubah keputusan-Ku." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Aku kembali bertemu dengan Musa. Ia menyarankan, 'Kembalilah menemui Rabbmu'. Kujawab, 'Aku malu pada Rabbku'." (HR Bukhari)

Menurut hadits tersebut diketahui perintah salat wajib awalnya berjumlah 50 rakaat. Namun, Rasulullah SAW menghadap Allah SWT untuk meminta keringanan setelah mendengar saran dari Nabi Musa AS.

Oleh sebab itu peringatan Isra Miraj menjadi salah satu peringatan yang penting bagi umat muslim.(OL-5)

Baca Juga

Dok Privy

Privy Dukung Sentra Vaksin Booster Kedua Kemenparekraf

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:14 WIB
Kemenkes RI bersama dengan Kemenparekraf didukung oleh Privy saat ini melakukan gerak cepat untuk melaksanakan vaksinasi booster...
MI/Retno Hemawati

BRIN Akuisisi Pengetahuan Lokal Jadi Sumber Literasi Sains Publik

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:13 WIB
Program akuisisi pengetahuan lokal diharapkan memicu kreativitas periset di lingkungan BRI untuk meneliti, mengembangan, mengkaji suatu...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menkes Ingin Kasih Hadiah ke Presiden dengan Turunkan Stunting

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:57 WIB
Kemenkes dan jajaran Pemprov DKI bakal mematangkan rencana aksi penurunan stunting. Sehingga pekan depan, rencana aksi itu bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya