Selasa 10 Januari 2023, 17:13 WIB

Ini Obat-obatan yang Harus Ada di Kotak P3K

Meilani Teniwut | Humaniora
Ini Obat-obatan yang Harus Ada di Kotak P3K

Freepik
Ilustrasi kotak P3K

 

OBAT-obatan yang harus ada di kotak P3K sangat penting diketahui untuk menunjang perawatan. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kotak P3K? Apa saja obat-obatan yang wajib disediakan dalam kotak P3K?

Nah, untuk menjawab pertanyaan kalian, yuk disimak penjelasan berikut ini:

1. Pengertian P3K 

P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh dan/atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja.

Biasanya petugas P3K di tempat kerja adalah pekerja/buruh yang ditunjuk oleh pengurus/pengusaha dan diserahi tugas tambahan untuk melaksanakan P3K di tempat kerja.

2. Isi Obat P3K yang harus ada wajib ada

Berikut obat-obatan yang harus ada di dalam kotak P3K:

a. Obat Pereda Nyeri atau Penurun Demam

Obat pereda nyeri dan penurun demam adalah obat paling dasar yang perlu kamu sediakan di dalam kotak P3K. Obat-obatan ini bisa mengatasi banyak sakit ringan, nyeri, dan penyakit. Contoh obat pereda nyeri yang bisa kamu sediakan antara lain acetaminophen, aspirin dan ibuprofen. Obat-obatan tersebut juga bisa membantu menurunkan demam.

b. Obat Alergi

Alergi juga merupakan kondisi kesehatan umum yang bisa muncul tanpa diduga dan sangat mengganggu. Jadi, sangat penting untuk menyediakan obat alergi dalam kotak P3K kamu. Diphenhydramine, loratadine, epinephrine adalah beberapa contoh obat antihistamin yang bisa mengatasi alergi.

c. Obat Anti Diare

Diare juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa muncul tanpa peringatan. Penyebabnya banyak, mulai dari keracunan makanan, intoleransi makanan, sampai infeksi virus. Harus bolak-balik toilet tentu bisa membuat kamu tersiksa dan juga mengganggu aktivitas. Karena itu, obat anti-diare seperti loperamide, bismut subsalisilat, dan diphenoxylate wajib ada di kotak P3K kamu.

d. Obat Sakit Perut

Makan makanan berlemak, berminyak, atau pedas bisa membuat kamu mengalami gangguan pencernaan. Begitu juga dengan makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Itulah mengapa menyediakan obat sakit perut, seperti antasida di kotak P3K penting.

e. Krim Kulit Hidrokortison

Obat lainnya yang perlu ada di kotak P3K kamu adalah krim kulit hidrokortison. Krim ini berguna untuk meredakan rasa gatal bila kamu digigit serangga.

f. Obat Batuk

Batuk yang tidak kunjung berhenti di malam hari, tidak hanya bisa mengganggumu, tapi juga seisi rumah. Jadi, menyediakan obat pereda batuk seperti dekstrometorfan di dalam kotak P3K, bisa menjadi penyelamat. Namun, bila jenis batuk yang kamu alami adalah batuk berdahak, ekspektoran seperti guaifenesin merupakan obat yang paling efektif untuk meredakannya.

g. Gel Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini bisa menjadi penyelamat bila kamu mengalami luka bakar ringan. Namun, bila warna kulit menghitam, atau kamu tidak bisa merasakan luka bakar, jangan mengoleskan apa pun dan segera temui dokter.

Selain obat-obatan di atas, kamu juga perlu melengkapi kotak P3K kamu dengan beberapa perlengkapan dasar berikut:

- Plester.
- Perban steril dan kain kasa gulung dalam berbagai ukuran.
- Pita perekat.
- Bola kapas.
- Peniti.
- Gunting kecil dan pinset.
- Salep antibiotik.
- Cairan pencuci mata.
- Pelindung mata.
- Termometer.
- Kompres dingin instan.
- Sarung tangan steril sekali pakai.
- Petroleum jelly.
- Hand sanitizer.
- Hidrogen peroksida untuk mendisinfeksi.
- Tisu pembersih bebas alkohol.
- Garam steril untuk irigasi atau pembilasan.

Demikianlah rekomendasi obat dan perlengkapan yang harus ada di dalam kotak P3K kamu. Namun, bila cedera atau gejala kesehatan yang kamu alami cukup parah atau memburuk seiring waktu, segera temui dokter.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...
dok: Pantau Gambut

Seeking Tuan Guru, Sebuah Upaya Mengingatkan Manusia akan Identitas Budaya

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:36 WIB
Indonesia dan Afrika Selatan akan bekerja sama dalam sebuah program seni yang ditujukan sebagai sebuah usaha fundamental untuk menjaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya