Jumat 06 Januari 2023, 21:27 WIB

10 Hewan yang sudah Punah

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
10 Hewan yang sudah Punah

AFP/Luis Tato.
Ilustrasi.

 

BEBERAPA jenis hewan di dunia sedang mengalami kepunahan. Kepunahan hewan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya ialah faktor manusia yaitu perusakan habitat karena perluasan lahan pertanian dan penebangan hutan.

Faktor lain ialah serangan asteroid, polusi, masuknya spesies asing, kekurangan makanan, dan penangkapan ikan atau perburuan yang berlebihan. Berikut beberapa hewan yang telah punah.

Badak hitam Afrika Barat

Badak hitam memiliki panjang 33,8 meter, tinggi 1,4-1,7 meter, dan berat 800-1.300 kg. Hewan ini memiliki dua tanduk dengan ukurannya masing-masing, yaitu yang satu berukuran 0,5-1,3 meter dan yang lain berukuran di antara 2-55 cm.

Pada 1930-an dilakukan tindakan pelestarian untuk melindungi spesies tersebut, tetapi jumlahnya semakin menurun. Badak hitam Afrika Barat terakhir terlihat di Kamerun pada 2006 dan dinyatakan punah secara resmi pada 2011.

Lumba-lumba putih Baiji

Disebut juga sebagai lumba-lumba sungai Tiongkok, lumba-lumba jenis ini hanya dapat ditemukan di Sungai Yangtze di Tiongkok. Mamalia ini dapat tumbuh hingga 2,4 meter dengan berat mencapai 250 kg. Mereka menggunakan ekolokasi untuk menavigasi dan berburu karena mata mereka yang kecil dan penglihatan yang sangat buruk.

Sungai di Tiongkok digunakan untuk memancing, transportasi, dan pembangkit listrik tenaga air yang memiliki pengaruh besar terhadap mamalia tersebut. Meskipun tidak secara resmi dinyatakan punah, tidak ada yang pernah melihat lumba-lumba Sungai Yangtze sejak 2002.

Ibex pyrenean

Ibex pyrenean merupakan salah satu dari empat subspesies ibex spanyol atau kambing iberia yang ditemukan di Semenanjung Iberia. Penyebab pasti kepunahan Ibex pyrenean tidak diketahui. 

Namun para ilmuwan percaya, faktor terbesarnya ialah perburuan dan ketidakmampuan untuk bersaing dengan mamalia lain untuk makanan dan habitat. Ibex pyrenean terakhir terbunuh oleh pohon tumbang di Spanyol utara pada 2000.

Merpati penumpang

Merpati penumpang berasal dari Amerika Utara dan diperkirakan punah sejak awal abad ke-20. Terdapat 3 hingga 5 miliar merpati penumpang yang menghuni AS ketika orang Eropa tiba di Amerika Utara. 

Ekspansi permukiman yang dilakukan oleh orang Eropa menyebabkan deforestasi massal yang mengakibatkan hilangnya habitan dan pengurangan populasi burung. Merpati penumpang mati di alam liar sekitar 1900 dengan individu terakhir yang diketahui meninggal di penangkaran pada 1914.

Harimau Tasmania

Harimau ini berasal dari Australia, Tasmania, dan New Guinea. Harimau jenis ini berbeda dengan harimau pada umumnya karena ukurannya yang seperti anjing berukuran sedang hingga besar. Hewan ini memiliki berat 30 kg dan panjang hidung hingga ekor hampir 2 meter. 

Harimau Tasmania diakui punah karena perambahan manusia ke habitatnya. Harimau ini terakhir dibunuh di antara 1910 dan 1920. Kemudian penangkaran terakhirnya mati di Kebun Binatang Hobart, Tasmania, pada 1936.

Sapi laut steller (dugong)

Sapi laut steller dinamai berdasarkan nama seorang naturalis yang menemukannya pada 1741, yaitu Georg Steller. Dipercaya bahwa sapi laut stellers berukuran setidaknya 8-9 meter dengan berat sekitar 8-10 ton. 

Ia pertama kali ditemuka di Samudera Pasifik bagian utara. Sapi laut steller dinyatakan punah pada 1768, hanya 27 tahun sejak pertama kali ditemukan. Hal ini dipicu dari perburuan liar dari Rusia. 

Great Auk

Great Auk ialah seekor burung besar yang tidak bisa terbang. Ia ditemukan di Atlantik Utara dan sejauh selatan Spanyol Utara. 

Hewan ini memiliki tinggi rata-rata 75 hingga 85 cm dengan berat sekitar 5 kg. Great Auk mampu berenang di bawah air untuk mencari makanan. Kolonel terakhir tinggal di Pulau Eldey dan pada 1835 mereka terbunuh. 

Dodo

Dodo ialah burung yang menghuni Mauritius. Dodo memiliki tinggi sekitar satu meter dengan berat 10 hingga 18 kg. 

Diduga burung tersebut tidak dapat terbang karena ketersediaan sumber makanan yang berlimpah dan tidak ada predator. Namun, burung dodo diburu oleh pelaut dan punah. Ia terakhir kali terlihat pada 1662.

Mammoth

Mammoth ialah hewan mamalia yang sangat besar dan diyakini kerabat dari gajah modern. Mammoth berasal dari Afrika dan menyebar ke seluruh Eurasia utara dan Amerika Utara. 

Hewan ini memiliki tinggi lebih dari 4 meter dengan berat lebih dari 6 ton. Seluruh tubuhnya ditutupi bulu.

Ia juga memiliki taring melengkung yang dapat mencapai panjang 5 meter. Populasi mammoth terakhir yang terisolasi diyakini telah menghilang dari Pulau Wrangel di Samudera Arktik sekitar 1700 SM.

Kucing bergigi sabre

Hewan ini sering disebut sebagai harimau bergigi sabre atau singa bergigi sabre. Ia merupakan hewan karnivora dengan gigi taring yang memanjang seperti pisau dengan panjang mencapai 50 cm. Hewan ini diyakini punah karena penurunan dan kepunahan herbivora besar yang mereka buru. (OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Srikandi Ganjar ikut Tekan Angka Perempuan Putus Sekolah di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:09 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat pada tahun ajaran 2020/2021 ada ribuan anak putus...
dok.Isr

Pada 2022, Aircraft Cleaning PT GDPS Temukan Barang Penumpang Capai Rp300 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:55 WIB
SIKAP menjunjung tinggi nilai integritas Aircraft Cleaning PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) menunjukkan hasil yang baik di tahun...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, KLHK Tanam 30 Ribu Mangrove

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:37 WIB
Tidak hanya menanam mangrove, KLHK bersama mitra menyemai bibit kerang sebanyak 20 ribu bibit yang kondisinya sehat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya