Rabu 28 Desember 2022, 08:30 WIB

Apa Saja Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa dan Barang? Ini Dia Contohnya

Meilani Teniwut | Humaniora
Apa Saja Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa dan Barang? Ini Dia Contohnya

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Pekerjaan yang menghasilkan barang, Petani Garam

 

DALAM kehidupan, manusia harus lah mampu memenuhi kebutuhannya. Salah satu caranya dengan bekerja.

Nah, sebelum kamu terjun ke dunia kerja, perlu dipahami terdapat banyak jenis pekerjaan yang dapat kamu pilih. Dilansir dari situs Kemdikbud, pekerjaan adalah jenis perbuatan atau kegiatan untuk memperoleh imbalan atau upah. Jenis pekerjaan tersebut pada umumnya menghasilkan barang, jasa, dan bisnis. 

Lantas, jenis pekerjaan mana yang cocok untuk kamu pilih? Biar tidak salah, ada baiknya kamu mencari tahu beberapa contoh jenis pekerjaan di bawah ini. 

1. Jenis Pekerjaan di Bidang Bisnis

Jurusan bisnis menjadi salah satu favorit di berbagai kampus di Indonesia. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki visi menjadi seorang pengusaha muda. 

Berikut ini adalah jenis pekerjaan di bidang bisnis:

a. Pengusaha

Sebagian besar pelajar yang bercita-cita menjadi pengusaha biasanya akan memilih untuk berkuliah manajemen bisnis. Jurusan ini memang memberikan bekal ilmu yang memadai bagi para calon pengusaha. Dengan menjadi pengusaha, kamu bisa dapat penghasilan tak terhingga tergantung pertumbuhan bisnis yang dijalankan.

b. Project Manager

Di suatu perusahaan, biasanya dibutuhkan orang kompeten untuk mengisi posisi project manager. Sebagai project manager, tugasmu melakukan perencanaan proyek juga mengeksekusi pelaksanaannya. Kamu bisa punya gaji mulai Rp4.000.000,00 sebagai project manager.

c. Business Development

Posisi business development juga banyak dibuka oleh perusahaan. Tugas dari bidang profesi ini adalah melakukan riset terhadap kondisi pasar juga menjalin kerja sama yang bisa membuat bisnis berkembang. Pendapatan yang bisa diperoleh dari profesi ini mulai dari angka Rp4.000.000,00.

d. Akademisi

Kamu juga bisa bekerja sebagai akademisi setelah tamat kuliah. Syaratnya, kamu harus kuliah lagi untuk dapat gelar master. Kamu bisa menjadi dosen untuk jurusan manajemen bisnis di suatu universitas. Gaji yang bisa kamu nikmati yaitu Rp3.000.000-7.000.000,00.

e. Manajer Produksi Industri

Prospek kerja manajemen bisnis berikutnya adalah manajer produksi industri. Profesi ini memiliki peran penting dalam kelancaran kegiatan produksi suatu perusahaan. Gaji yang didapat ada di kisaran angka Rp5.000.000-10.000.000,00.

f. Manajer Penjualan

Perusahaan juga pasti akan membutuhkan orang yang bisa bekerja sebagai manajer penjualan. Tugas dari manajer penjualan tentu adalah mengelola beragam aktivitas yang punya kaitan dengan penjualan maupun pemasaran. Gaji yang bisa diperoleh berkisar antara Rp6.000.000 hingga belasan juta rupiah.

g. Analis Manajemen Bisnis

Kamu juga bisa bekerja sebagai analis manajemen bisnis setelah lulus nanti. Tugas dari profesi ini adalah melakukan analisis terhadap suatu bisnis atau perusahaan. Dengan menekuni profesi ini, kamu bisa dapat penghasilan mulai dari Rp6.000.000.

h. Konsultan Bisnis

Jika kamu sudah punya pengetahuan yang mumpuni dan pengalaman yang cukup maka Kamu bisa bekerja sebagai konsultan. Kamu bisa menjadi konsultan bisnis secara mandiri atau bekerja untuk suatu perusahaan. Gaji yang bisa Kamu dapat berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

i. Analis Riset Operasional

Pilihan pekerjaan lain yang bisa ditekuni oleh lulusan manajemen bisnis adalah analis riset operasional. Profesi ini bertugas melakukan riset yang bisa bermanfaat bagi perkembangan suatu perusahaan. Gaji yang diterima bisa mulai dari angka Rp4.000.000.

j. Manajer SDM

Kamu bisa juga melamar di perusahaan dan menempati posisi sebagai manajer SDM. Tugasmu di sini adalah mengelola sumber daya manusia atau SDM yang bekerja di suatu perusahaan. Dari jenis pekerjaan ini Kamu punya peluang dapat gaji mulai dari Rp4.000.000.

2. Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Orang yang bekerja menghasilkan barang, ada beragam tugasnya. Misalnya, seorang nelayan bertugas mencari ikan sebagai bentuk barang yang dihasilkan dari pekerjaannya. 

Namun, orang yang menjual barang tersebut adalah pedagang. Jadi, hampir semua jenis pekerjaan saling berkaitan dan membutuhkan. 

Pekerjaan menghasilkan barang dapat berupa produksi atau distribusi. Produksi artinya membuat barang atau jasa, sedangkan distribusi adalah proses menyalurkan barang.

Berikut ini contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan barang yang dihasilkan.

a. Petani Garam

Petani garam adalah sebutan untuk seseorang yang bekerja untuk menyuling garam dari air laut. 

Dari hasil penguapan air laut, selanjutnya akan menyisakan garam yang dapat dipanen. Petani garam kemudian mengumpulkan dan mengambil hasil panen untuk dijual di pasaran.

b. Perajin Kayu

Perajin kayu memanfaatkan sumber daya alam berupa kayu untuk dibuat menjadi barang siap pakai oleh orang lain. 

Seorang perajin kayu memulai pekerjaannya dengan mencari dan mendapatkan kayu kualitas terbaik, untuk kemudian dibuat menjadi beragam furnitur dan benda tepat guna. 

c. Perajin Cendera Mata

Perajin cendera mata adalah seseorang yang pekerjaannya membuat barang kerajinan dari barang bekas atau barang yang ada di alam. 

Barang kerajinan tersebut bisa berbentuk apa saja, mulai dari hiasan dinding, perhiasan untuk dipakai, dan sebagainya. 

d. Petani

Tidak asing lagi, petani adalah jenis pekerjaan yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Petani bertanggung jawab terhadap sawah dan tumbuhan yang ditanaminya. 

e. Nelayan

Nelayan adalah seseorang yang bekerja untuk menangkap ikan dan hewan sejenisnya di perairan, biasanya perairan laut. 

Pekerjaan sebagai nelayan biasanya ditemukan di sekitar wilayah pantai. Setiap hari sekelompok nelayan akan melaut untuk mencari dan menangkap ikan. 

f. Penjahit

Seorang penjahit bertugas mengubah kain menjadi pakaian yang digunakan kita sehari-hari. Artinya, seorang penjahit bekerja dengan menghasilkan barang. 

g. Pembuat Roti

Seorang pembuat roti, mengolah bahan-bahan mentah menjadi bahan matang yang siap dikonsumsi, seperti kue dan roti. Artinya, pembuat roti menghasilkan barang. 

h. Koki Rumah Makan

Koki bertugas untuk mengolah bahan mentah menjadi makanan yang siap disantap banyak orang. 

i. Pelukis

Seorang pelukis membuat lukisan untuk diperjualbelikan kepada kolektor seni dan orang-orang yang menikmati seni. 

j. Pemahat Patung

Seorang pemahat patung membuat patung sebagai hiasan, monumen, atau tugu untuk kebutuhan banyak orang. 

3. Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang dari hasil pekerjaanya bisa dinikmati dan dirasakan oleh orang lain 

Berikut ini adalah jenis pekerjaan yang dapat menghasilkan jasa. 

a. Tentara

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Tugas TNI yang termasuk ke dalam angkatan bersenjata ini adalah mempertahankan keamanan negara, keutuhan wilayah, dan juga keselamatan bangsa.

TNI terbagi menjadi tiga, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

b. Polisi

Polisi adalah penegak hukum yang bertugas untuk mengayomi masyarakat dengan menjaga keamanan, ketertiban, dan perlindungan kepada masyarakat.

Polisi juga dapat bekerja di lingkungan pengadilan bertugas sebagai penyidik yang bertugas untuk mencari barang bukti, keterangan-keterangan dari berbagai sumber, baik keterangan saksi-saksi maupun keterangan saksi ahli.

Polisi memiliki beberapa bagian, yakni polisi pamong praja, polisi kehutanan, polisi militer, polisi daerah, dan masih banyak yang lainnya.

c. Tenaga Pengajar

Pekerjaan yang satu ini seringkali disebut “Pahlawan tanpa Tanda Jasa”. Tenaga pengajar tentunya mendidik dan memberikan ilmu pengetahuan kepada para muridnya untuk bisa menjadi anak yang cerdas dan menggapai cita-citanya.

Pekerjaan yang termasuk tenaga pengajar adalah dosen, guru dan pelatih. Untuk menjadi tenaga pengajar, kamu perlu menempuh sekolah pendidikan atau memiliki keahlian tertentu yang di atas rata-rata.

d. Driver

Siapa yang tidak mengenal driver atau supir? Dengan maraknya ojek online atau supir online, kita pasti sudah tidak asing dengan pekerjaan yang satu ini. Para driver bertugas untuk mengantarkan pengguna jasanya menuju tempat tujuan kalian.

Namun kini, banyak juga driver yang mengantarkan makanan atau barang demi kebutuhan konsumen. Salah satu penyedia jasa layanan driver adalah Gojek.

e. Tenaga Medis

Ketika ditanya ingin menjadi apa? Saat kita kecil pasti banyak yang menjawab “ingin menjadi dokter”. Pekerjaan yang menghasilkan jasa ini tentunya sangat berjasa atas kesembuhan para pasiennya dan menjadi cita-cita mulia yang seringkali menjadi pekerjaan yang diinginkan oleh para anak Bangsa.

Pekerjaan yang masuk ke dalam kategori tenaga medis selain dokter adalah perawat dan bidan. Mereka memberikan pelayanan di klinik, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan. Seorang tenaga medis tentunya harus siap sedia kapanpun pasien membutuhkan mereka.

f. Artis

Pekerjaan berikutnya yang menghasilkan jasa adalah artis. Dengan berkecimpung di industri seni, seperti bernyanyi, menari, atau akting, mereka menampilkan jasa berupa keahlian mereka untuk menghibur masyarakat.

Artis merupakan orang yang sering tampil di layar kaca, majalah, atau layar lebar untuk memberikan penampilan atau hiburan kepada masyarakat.

g. Teknisi

Barang-barang yang ada di rumahmu rusak dan perlu diperbaiki? Teknisi adalah orang yang tepat untuk menjadi solusi dari permasalahan ini. Mereka memberikan layanan jasa berupa perbaikan mesin atau benda.

Seorang teknisi akan memperbaiki benda dengan tingkat kesulitan mudah hingga kesulitan tingkat tinggi.

Mereka akan memperbaiki benda tersebut hingga dapat berjalan atau menyala lagi. Biasanya semakin sulit benda yang diperbaiki, akan semakin mahal juga biasa service-nya. 

h. Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa sangat mulia. Seorang pemadam akan memadamkan api sebuah gedung atau rumah yang kebakaran, menyelamatkan korbannya, dan memastikan mereka dapat ditempatkan di lokasi yang aman.

Selain itu, seorang pemadam juga bertugas untuk membantu masyarakat dalam kecelakaan lalu lintas, penyelamatan yang sulit dilakukan, penyelamatan bencana alam, dan juga penyelamatan dari gedung-gedung yang runtuh.

i. Pengacara

Pengacara adalah seseorang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan mewakili orang lain, yakni kliennya untuk menyelesaikan suatu kasus hukum. Melalui keahlian dan pengetahuan hukumnya, mereka akan membela klien hingga menemukan jalan keluar.

Untuk kamu yang bercita-cita menjadi pengacara, kamu perlu memiliki ilmu khusus dengan menempuh pendidikan di jurusan hukum di perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia.

j. Montir

Kendaraan kamu mogok atau rusak? Montir akan memberikan jasanya untuk permasalahan ini.

Montir adalah seorang teknisi atau seorang yang terampil mereparasi, mengganti, dan mempertahankan mesin sehingga dapat hidup kembali.

Selain kendaraan, terdapat juga montir atau mekanik dalam spesialisasi AC, sepeda, mesin, diesel, bus, dan truk.

k. Desainer Grafis

Desainer grafis adalah pekerjaan yang menghasilkan melalui skill atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang.
Dalam profesi desainer grafis, mereka akan menciptakan ilustrasi, gambaran, fotografi, grafis untuk media cetak, penerbit, atau kebutuhan tertentu yang diminta oleh klien.

Seorang desainer grafis bertanggung jawab dengan desain agar sesuai request dari klien. Mereka harus menyampaikan atau membuat karya yang menarik dan unik.

l. Pilot

Pekerjaan pilot tentunya menghasilkan jasa untuk mengemudikan dan mengawaki pesawat terbang untuk pengguna jasanya menuju kota tujuan. Profesi ini menuntut keahlian atau skill yang diperoleh dari sekolah penerbangan atau otoritas penerbangan.

Seorang pilot harus memiliki sertifikasi izin terbang, pilot license, dan juga sertifikasi kompetensi pilot dalam menerbangkan pesawat terbang dengan baik.

m. Pelaut

Pekerjaan berikutnya yang menghasilkan jasa adalah pelaut. Mereka bekerja di atas kapal sebagai bagian dari awak kapal dengan bidang yang berbeda-beda. Seorang Anak Buah Kapal (ABK) bekerja di atas kapal untuk mengantarkan kapal ke tujuan tertentu.

Seorang pelaut biasanya akan mengantarkan para penumpang, mengantarkan barang atau bahan-bahan pangan ke tempat tujuan. Seorang pelaut juga tentunya harus memiliki sertifikasi khusus yang dikeluarkan oleh badan diklat kepelautan.

n. Jasa Ekspedisi

Layanan jasa ekspedisi kini tengah menjadi tugas yang banyak dilakukan untuk mengantarkan paket dengan selamat kepada para pembeli.

Pengiriman jasa ekspedisi di Indonesia cukup banyak yakni Go-Send, JNE, J&Y, SiCepat, Lion Parcel, Wahana, dan masih banyak yang lainnya.

o. Tukang Cukur Rambut

Rambut yang keren, rapi, dan memiliki model kekinian tentunya tidak lepas dari peran tukang cukur rambut. Mereka memiliki keterampilan atau skill untuk memangkas, mewarnai, dan permintaan lainnya mengenai rambut sesuai dengan request konsumen.

Tukang cukur rambut juga melayani jasa masker rambut, shaving, pemijatan kepala, dengan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan pelayanan yang diinginkan.(OL-5)

Baca Juga

AFP

Pakar Kesehatan: Prokes Tetap Sama untuk Semua Varian Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:22 WIB
Apapun varian covid-19 saat ini, termasuk XBB.1.5 atau dikenal sebagai Kraken, protokol kesehatan belum berubah dan vaksin masih...
Dok. UNJ

14 Prodi Pascasarjana UNJ Masuk Daftar Tujuan Beasiswa LPDP 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:07 WIB
"Bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studi di Pascasarjana UNJ dapat juga memanfaatkan program beasiswa dari LPDP," ujar...
Antara

BMKG Ingatkan Pemda Waspadai Karhutla

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:46 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengingatkan pemerintah daerah untuk mewaspadai dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya