Rabu 28 Desember 2022, 19:35 WIB

ICYD Gandeng Kemenpora Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan

mediaindonesia.com | Humaniora
ICYD Gandeng Kemenpora Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan

Ist
Pelatihan Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda Tingkat Utama di Park Regis Arion Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/12).

 

PERKUMPULAN kepemudaan Indonesian Council of Youth Development (ICYD) atau Majelis Pengembangan Prestasi Pemuda Indonesia (MPPPI) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Yayasan Cendekia Muda Madani, dan Hipmi Jakarta Timur menyelenggarakan Pelatihan Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda Tingkat Utama dengan tema 'Menyiapkan Pemimpin Indonesia Dalam Kompetisi Global' pada Selasa (27/12) bertempat di Park Regis Arion Kemang, Jakarta Selatan.

Hadir sebagai pembicara kunci Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora M Asrorun Ni'am Sholeh. Ia menyampaikan terkait pentingnya kaum muda agar paham dengan konsep digital.

"Anak muda harus mampu memanfaatkan era digital. Setidaknya ada empat hal yang harus dipegang, digital skills berupa kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras teknologi; digital ethics berupa kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital," papar Ni'am yang juga merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia dan Katib Syuriah PBNU.


Baca juga: Kemenag: 58.638 Calon Jemaah Tarik Setoran Awal Haji


Selain itu, lanjut Ni'am, kemampuan lainnya ialah digital culture berupa kemampuan individu dalam membaca menguraikan, membiasakan memeriksa dan membangun wawasan dalam dunia digital; dan yang terakhir digital safety berupa kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisa, menimbang, dan meningkatkan kesadaran keamanan digital.

Ketua Yayasan Cendekia Muda Madani sekaligus inisiator ICYD, Budy Sugandi, dalam sambutannya menyampaikan terkait pentingnya kolaborasi kaum muda menghadapi tantangan global.

"Indonesia memiliki sekitar 65 juta anak muda, bahkan jika gen Z dan milenial digabung angkanya bisa sekitar 145 juta orang. Ini menjadi tantangan kita bersama untuk bersatu, bukan untuk berkompetisi tapi untuk berkolaborasi. Nah, inisiasi pembentukan perkumpulan kepemudaan ICYD ini memiliki visi dan misi ke sana, kami ingin anak-anak muda lintas organisasi, background dan profesi bersatu dan saling sinergi menghadapi bonus demografi dan Indonesia Emas 2045," jelas Gandi yang juga merupakan alumnus Doktor Education Leadership dari Southwest University China dan Co-chair Y20 Indonesia 2022.

Acara itu juga dihadiri oleh Alia Laksono (Stafsus Menpora), Ketua Panitia Abraham Auzan (Co-founder TeleCG) dan para pemateri sesi panel Muhammad Arif (Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Timur), Mustadin Taggala (Plt Asisten Deputi Kemenpora), dan Rorian Pratyaksa (Co-founder Woobiz). (RO/OL-16)

 

Baca Juga

Medcom

Perempuan Rentan Jadi Korban Pinjol Karena Ketidaksetaraan Literasi Finansial

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:20 WIB
KEMENTERIAN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan perhatian akan maraknya fenomena pinjaman online (pinjol)...
Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya