Senin 05 Desember 2022, 15:03 WIB

Wapres Minta Pemda dengan Potensi Bencana Segara Lakukan Antisipasi

Mediaindonesia | Humaniora
Wapres Minta Pemda dengan Potensi Bencana Segara Lakukan Antisipasi

MI/Agus Mulyawan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan Pemerintah terus mengingatkan setiap daerah untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia.

"Pemerintah memang sudah memerintahkan agar pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten, terutama mereka yang memang merupakan daerah langganan terjadinya bencana itu sudah menyiapkan diri untuk melakukan antisipasi, melakukan mitigasi terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi," kata Wapres di Jakarta, hari ini.

Hal itu disampaikan Wapres menjawab pertanyaan wartawan tentang arahan kepada pihak terkait soal antisipasi terhadap bencana alam yang kian meningkat di akhir tahun 2022.

Wapres menekankan Indonesia sudah memiliki lembaga penanggulangan bencana, sementara di sisi lain Indonesia juga sering dilanda bencana alam setiap tahun sehingga setiap daerah harus melakukan antisipasi.

"Setiap tahun itu (sejumlah daerah) selalu mengalami apa itu longsor, apa itu banjir, apa itu gempa karena memang kita memiliki daerah-daerah gempa, gunung meletus juga. Oleh karena itu, kita antisipasi," kata Wapres.

Baca juga: CEO Media Group: Masjid sebagai Zona Membangun Peradaban

Menurut Wapres, antisipasi bisa dilakukan setiap daerah dengan memberikan peringatan dan edukasi kepada masyarakat, serta melakukan persiapan atas kemungkinan terjadinya bencana alam di daerah masing-masing.

"Termasuk anggaran yang harus disiapkan di daerah, selain di pusat dan juga tentu aparat di daerah, badan penanggulangan di daerah dan ini semua pemerintah sudah minta mereka untuk terus bersiap diri menghadapi berbagai kemungkinan," jelas Wapres.(OL-4)

Baca Juga

Ist

Menteri LHK dan Dubes RI UNESCO: Status 'in Danger TRHS' Segera Diakhiri

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:32 WIB
TRHS merupakan salah satu warisan alam dunia Indonesia yang terdiri dari TN Bukit Barisan Selatan, TN Kerinci Seblat dan TN Gunung Leuser...
Antara

70,65% Lansia Sudah Divaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:16 WIB
Sebanyak 18.323.786 lansia telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 85,02 persen dari...
Dok. ICM

Sejumlah Apartemen Kelolaan Inner City Management Meriahkan Perayaan Imlek 2574

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:58 WIB
“Dengan latar belakang yang cukup beragam, momen-momen seperti ini diharapkan dapat menjaga keharmonisan yang terjalin antar penghuni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya