Senin 28 November 2022, 11:51 WIB

Pemadaman Lampu Serentak Efektif Mampu Menghemat Energi

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Pemadaman Lampu Serentak Efektif Mampu Menghemat Energi

Ist
Ilustrasi

 

Dinas Lingkungan Hidup (LH) menggelar pemadaman lampu dalam rangka aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon, Sabtu (26/11) malam.

Pemadaman lampu di sejumlah fasilitas publik, gedung, dan perkantoran pemerintah berhasil menghemat energi listrik dan mengurangi emisi karbon.

"Pemadaman lampu di seluruh gedung pemerintah, ruas jalan protokol, dan arteri berhasil menghemat energi listrik sebesar 171,96 MWh," ujar Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto berdasarkan keterangannya dikutip Warta Kota, Senin (28/11).

Selain menghemat energi listrik, pemadaman lampu tersebut juga berhasil mengurangi emisi karbon 160,61 tom CO2. Asep menjelaskan aksi pemadaman lampu tersebut sesuai dengan amanat Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 14 Tahun 2021.

Di mana dalam Ingub tersebut diamanatkan untuk hemat energi dan pengurangan emisi karbon. "Pemadaman lampu milik Pemprov DKI Jakarta (kecuali fasilitas kesehatan) berlangsung selama satu jam. Mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB," ucap Asep.

Sementara itu, pemadaman lampu juga dilakukan di tujuh lokasi yang merupakan simbol dari DKI Jakarta. Adapun bangunannya adalah Balai Kota DKI Jakarta, Monumen Nasional dan air mancur, Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran HI, Patung Pemuda, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Pentingnya Sinergi Semua Pihak untuk Perangi Perundungan Online

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:42 WIB
Salah satu hasil kajian itu mengungkapkan bahwa 6 dari 10 remaja di Indonesia mengalami...
Ist

SGM Eksplor dan Mitra Ritel Dukung Akses Nutrisi Bagi Anak-anak

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:33 WIB
SGM Eksplor bekerja sama dengan berbagai mitra ritel lokal di delapam kabupaten/kota menjalankan program donasi paket nutrisi dan...
Ist

Legislator: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 18:41 WIB
Masyarakat agar tidak mudah percaya konten-konten yang bersumber dari media sosial atau internet, terutama yang menggunakan ayat-ayat Al...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya