Kamis 17 November 2022, 22:02 WIB

Kisah Nabi Yusuf dan Mukjizatnya yang Menakjubkan

Meilani Teniwut | Humaniora
Kisah Nabi Yusuf dan Mukjizatnya yang Menakjubkan

DOK Youtube Kisah Islami.
Ilustrasi.

 

KISAH Nabi Yusuf merupakan salah satu cerita nabi yang banyak disampaikan dan tak asing di telinga umat Islam. Sebagai seorang nabi yang termasuk ke dalam 25 nabi dan rasul yang wajib diimani, ada banyak pelajaran berharga yang bisa didapatkan dari kisah hidup Nabi Yusuf.

Allah SWT bahkan mengabadikan nama sang Nabi dalam salah satu surat di dalam Al-Qur'an, yakni surat Yusuf. Surat Yusuf merupakan surat Makiyyah atau surat yang turun di kota Mekah. Surat tersebut terdiri sebanyak 111 ayat.

Nabi Yusuf alaihissalam merupakan nabi Allah yang berasal dari kaum Bani Israel. Beliau anak Nabi Ya'kub dan Ribka. Di antara kedua belas saudaranya, hanya Bunyamin saudara kandungnya. Ada banyak kisah semasa perjalanan hidupnya mulai lahir sampai akhir kehidupannya.

Nabi Yusuf bermimpi

Satu ketika Nabi Yusuf bermimpi disembah matahari, bulan, dan 11 bintang. Nabi Yusuf menceritakan itu kepada ayahanda, Nabi Ya'qub. Sang ayah menafsirkan mimpi Nabi Yusuf akan menjadi orang besar yang dihormati orangtua dan saudara-saudaranya nanti. Nabi Ya'qub berpesan agar sang anak tidak menceritakan mimpi itu kepada saudara yang lain.

Nabi Yusuf dibuang ke sumur 

Dibandingkan dengan anak lain, Nabi Ya'qub memang memberikan perhatian lebih kepada Bunyamin dan Yusuf. Hal ini karena sifat keduanya sangat berbeda jika dibandingkan saudara lainnya. Situasi ini menimbulkan adanya rasa iri dari putra lain.

Nabi Yusuf dibuang oleh saudaranya ke dalam sumur ketika mereka berhasil membohongi Nabi Ya'kub. Allah SWT nyatanya menyelamatkannya dengan memberikan tali lewat seorang pedagang yang tengah lewat. Akhirnya Nabi Yusuf dijual dan dibeli pembesar kerajaan Mesir.

Digoda Zulaikha

Yusuf dijadikan anak angkat sekaligus melayani kebutuhan di rumah seorang pembesar kerajaan. Pasangan Qithfir dan Zulaikha sangat menyayanginya akibat ketampanan yang ia miliki. Keduanya bahkan tidak percaya jika Nabi Yusuf adalah manusia dan sering mengira jelmaan malaikat.

Rasa kagum Zulaikha pun akhirnya membuatnya tidak bisa menahan godaan setan. Dirinya akhirnya merayu Yusuf untuk melakukan perbuatan tercela. Keduanya pun terlibat sedikit konflik hingga akhirnya datanglah Qithfir. 

Jamuan makan oleh Zulaikha 

Jamuan makan yang diadakan oleh Zulaikha menimbulkan peristiwa lain dalam kehidupan Nabi Yusuf. Para undangan memang kebanyakan terdiri atas wanita dan sempat menggunjing satu sama lain terkait gosip Zulaikha menggoda Yusuf.

Zulaikha yang mendengar gunjingan itu pun akhirnya meminta para wanita itu untuk memotong buah di depannya menggunakan pisau. Ia pun menuruh Yusuf keluar di tengah-tengah mereka. Para wanita itu pun terperangah ketika melihat ketampanan Nabi Yusuf hingga terpotong jari mereka pada saat mengupas kulitnya. Akibat fitnah itu, Nabi Yusuf rela untuk masuk penjara. 

Nabi Yusuf menafsirkan mimpi

Di penjara, Nabi Yusuf mendapatkan kesempatan untuk menafsirkan mimpi dua tahanan. Kecerdasan itu disampaikan tahanan tersebut ketika muncul informasi tentang mimpi raja. Mimpi raja dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 43 dan 44. 

sang raja yang kagum dengan tafsir mimpi Nabi Yusuf langsung mengangkatnya menjadi bendahara atau menteri keuangan. Hal ini terkait tafsir mimpi raja oleh Nabi Yusuf bahwa negara akan mengalami krisis pangan dalam beberapa tahun mendatang.

Ddari ceirta itu, kita dapat menarik kesimpulan tentang mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Yusuf.

a. Memiliki wajah yang tampan dan tubuh yang tegap.
b. Doa Nabi Yusuf merupakan salah satu doa yang dikabulkan oleh Allah SWT.
c. Nabi Yusuf mampu menafsirkan mimpi.
d. Nabi Yusuf pandai dalam berpidato dan mengatur keuangan negara. (OL-14)

Baca Juga

MI/FURQON ULYA HIMAWAN

Jaga Kelestarian Anggrek Hutan Merapi, Puluhan Mahasiswa Yogyakarta Lakukan Konservasi

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:20 WIB
Kampanye konservasi anggrek dilakukan dengan cara mengembalikan berbagai jenis anggrek khas Merapi ke dalam...
Ist

KAMPAK Dukung Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Cari Keadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:19 WIB
KFN menyalahi tugasnya dengan membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) sebagai lembaga yang menentukan...
DOK.MI

Angka Kasus Harian Covid-19 Bertambah Jadi 2.548 Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:00 WIB
Dengan adanya penambahan kasus harian itu maka total kasus terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 berjumlah 6.680.203...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya