Rabu 09 November 2022, 22:13 WIB

Kisah Detektif Swasta dan Pengalaman Tuntaskan Kasus Permintaan Kliennya

mediaindonesia.com | Humaniora
Kisah Detektif Swasta dan Pengalaman Tuntaskan Kasus Permintaan Kliennya

Ist/Ilustrasi
Ilustrasi. Detektif swasta yang kini telah menawarkan jasa di Indonesia.

 

SELAMA ini, masyarakat lebih mengenal detektif atau investigator sebagai profesi yang hanya ada dalam film.

Dalam kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya, profesi detektif masih kurang familier. Pekerjaan investigasi pun lebih dikenal sebagai tugas kepolisian atau aparat negara.

Padahal, orang yang berprofesi sebagai investigator profesional benar-benar ada meskipun jumlahnya tak banyak. Di Tanah Air, profesi ini salah satunya digeluti oleh Jack's Angels

Detektif Jack’s Angels berdiri tahun 1997 yang dikenal oleh klien dari mulut ke mulut, hingga banyaknya permintaan klien agar detektif Jack’s Angels lebih mudah diakses orang.

Maka tahun 2015 Detektif Jack’s Angels membuat website dengan nama jasadetektifswasta.com, yang berlokasi di Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, Jack's memiliki hobi yang suka menyelidiki apapun yang menurutnya membuat penasaran.

Sejak kecil Jack's mulai penyelidikan sebuah buku temannya yang hilang, akhirnya bisa ditemukan oleh Jack siapa pencurinya, dari situ Jack mulai dikenal oleh teman-temannya sebagai detektif Jack.

Saat dikonfirmasi awak media, ia menceritakan kisahnya, "Saya memang memiliki ilmu penyelidikan yang menurut saya adalah candu, saya setiap hari memanfaatkan waktuku untuk membaca dan memburu semua buku tentang detektif, " ujarnya.

Kemudian, dengan seiring waktu berjalan, hingga kepuasan Jack untuk menggeluti dunia penyelidikan atau investigasi yang membuat Jack merasa harus merantau ke kota besar dan kota yang Jack tempuh saat itu adalah Bali.

"Ya, saya di Bali diasuh oleh seorang bapak-bapak dari Rusia dan karena saya yatim-piatu maka jalan hidup dan langkah saya merasa lebih panjang karena tidak ada yang menantikan kehadiran saya di kampung saya," ucap sedihnya.

Jack sendiri tidak mempunyai keluarga dan bapak asuhnya kebetulan seorang ekspatriat itu terus mendukung hobi Jack dengan membelikan buku-buku tentang detektif versi bahasa Inggris dan dikirim langsung berbagai negara di luar negeri.

Di kemajuan zaman dan teknologi modern Jack semakin lihai dalam penyelidikan. Jack yang biasanya mampu mengungkap kasus sendirian kini ia harus membentuk sebuah tim investigasi karena banyaknya klien yang menyewa jasanya.

Pada tahun 2015, Jack memutuskan membuat website dan Jack mulai merekrut beberapa agen atau partner.

Memilih calon anggota tim investigasi, Jack tidak sembarangan menerima seseorang yang tidak jujur dan disiplin dalam berbagai hal.

Dari banyaknya jumlah anggota atau anak buah detektif Jack's maka para anak buahnya diberi sebutan Angels atau para malaikatnya.

Nama Jack's Angels merupakan sebutan dari nama Jack's seorang pemimpin dan Angels merupakan sebutan untuk anak buahnya.

Baca juga: Seperti Dalam Drama Korea, Jasa Detektif Swasta di Indonesia Ada Juga Lho!

Detektif Jack's Angels sendiri sering mengungkap kasus dari perorangan seperti kasus penyelidikan kejujuran calon pasangan, membantu kasus orang hilang termasuk pencarian sanak saudara yang telah lama menghilang.

Selain itu, Detektif Jack Angels juga melayani penyelidikan diluar negeri.

Tak hanya itu, detektif Jack's Angels membuka cabang di kota besar di Indonesia diantaranya, Bandung, Jakarta, Batam, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar-Bali, Semarang, Manado, Medan, Palembang, Bandar Lampung dan lombok.

Untuk satu kasus biasanya Detektif Jack's Angels membutuhkan waktu seminggu untuk menyelesaikannya.

Ada satu pengalaman memilukan yang pernah Jack tangani adalah saat Jack menangani kasus dari permintaan klien untuk mengecek kebenaran atau kejujuran dari pasangan suami istri.

Dari pasangan yang dipantau oleh tim investigasi detektif Jack's Angels ternyata pasangan klien itu berselingkuh dan banyak menjual barang-barang milik klien.

Setelah bukti diberikan pada klien, kliennya pun sangat berterima kasih dan tiba-tiba klien mengirimkan fotonya ke Jack dengan gambar si klien menyayat lengannya dengan keterangan tertulis,

"Jack saya sangat sakit hati pada pasangan saya dan tidak kuasa untuk melihat bukti yang Jack berikan dan saya terpaksa melakukan Ini," katanya.

Dari kiriman foto itu, Jack langsung mengirimkan anak buahnya menuju apartement klien tersebut dan untungnya belum terlambat, sang klien telah pignsan dan lengannya mengeluarkan darah bekas sayatan itu dan langsung dibawa ke rumah sakit olah anak buah Jack.

Dan akhirnya klien itu sadar dan menelpon Jack untuk meminta maaf karena kecerobohan dia, setelah itu klien berterima kasih atas pertolongannya yang sangat cepat.

Berbagai pengalaman di beberapa program televisi dan wawancara khususnya, Jack menuturkan, "Jack bertugas hanya membantu klien yang ingin menginvestigasi kejujuran pasangan saja."

"Ketika bukti sudah diberikan ke klien, maka Jack sudah tidak ikut campur lagi dan disini Jack murni tidak ada kerjasama dengan pihak manapun," pungkasnya.

Untuk harapan kedepannya Jack sangat ingin jika jasa detektif swasta di Indonesia bisa dijadikan salah satu pilihan jika seseorang ingin menyelidki kasus pribadi seperti mencari kejujuran pasangan atau mencari kejujuran partner bisnis.(RO/OL-09).

Baca Juga

Ist

Akademisi: Lawan Narasi Khilafah dengan Konsep Rahmatan Lil Alamin

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:17 WIB
Menurut dia, penerapan sistem kekhilafahan menurutnya bukanlah solusi mutlak sebagaimana yang dipromosikan termasuk dalam hal...
MI/BAYU ANGGORO

Duta Besar Tiongkok Untuk Indonesia Dorong PPID Berperan Menjadi Bangsa Pemenang

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:25 WIB
Lu Kang mengimbau para mahasiswa untuk terus menggalakkan serta menyuarakan pembangunan Indonesia yang...
Dok BMP

Bunda Merah Putih Salurkan Bantuan ke Masyarakat Terdampak Gempa  

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:20 WIB
GERAKAN kemanusiaan dalam membantu masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dilaksanakan Bunda Merah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya