Sabtu 05 November 2022, 20:03 WIB

Lantik Pengurus Baru, BPK Penabur Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

mediaindonesia.com | Humaniora
Lantik Pengurus Baru, BPK Penabur Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

Ist
Kebaktian pelantikan pengurus BPK Penabur Jakarta periode 2022-2026 berlangsung Sabtu (5/11) di GKI, Jakarta.

 

KURIKULUM Merdeka yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan angin segar bagi dunia pendidikan di Indonesia. 

Sekolah diberikan kebebasan menerapkan kurikulum yang lebih sederhana, relevan, interaktif, tetapi juga mendalam guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Lewat kelas berbasis proyek peserta didik diajak melalui proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga peserta didik mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan pada saat lulus sekolah. 

BPK Penabur Jakarta sebagai lembaga pendidikan Kristen yang sudah berdiri selama 72 tahun turut berinovasi mengikuti setiap perubahan sistem pendidikan di Indonesia, salah satunya lewat persiapan penerapan kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh BPK Penabur. 

Untuk lebih berdampak dan mengakar kuat di bidang pendidikan, Kenny Lim, Ketua BPK Penabur Jakarta  masa pelayanan 2022-2026 bersama para pengurus lainnya akan meneruskan sinergi yang telah dilakukan pengurus sebelumnya untuk melayani BPK Penabur Jakarta.

Baca juga: Universitas Groningen Kagumi Fleksibilitas Program Kampus Merdeka

BPK Penabur Jakarta menaungi 79 sekolah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), terdiri atas 21 TK (Taman Kanak-Kanak), 20 SD (Sekolah Dasar), 17 SMP (Sekolah Menengah Pertama), 16 SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas), dan 5 SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama).

“Tantangan pada masa depan tidak semakin mudah, masa pandemi cukup membawa dampak yang  signifikan bagi sekolah. Kami akan berkomitmen dan fokus pada pemulihan pasca pandemi, serta terus mengupayakan pengembangan teknologi dalam pembelajaran,"  jelas Kenny, Sabtu (5/11) dalam keterangan tertulisnya.

"Membangun kerja sama dengan orang tua  juga menjadi hal penting yang perlu dilakukan agar peserta didik lebih bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi,” ujar Kenny.

Pernah menjabat sebagai Ketua I Yayasan BPK Penabur periode 2018-2022, kini Kenny Lim dipercaya menjadi Ketua BPK Penabur Jakarta periode 2022-2026, melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Antono Yuwono sebagai Ketua BPK Penabur Jakarta pada periode sebelumnya. 

Kebaktian pelantikan pengurus BPK Penabur Jakarta periode 2022-2026 berlangsung Sabtu, 5 November 
2022, Pukul 09.00-11.00 WIB, berlokasi di GKI Perinagaan, Jalan Perniagaan No.1, Jakarta Barat dengan mengusung tema 'Diutus Semakin Berdampak'.

“Kami sebagai pengurus yang baru berharap agar BPK Penabur Jakarta terus berperan dan dampak pelayanannya dapat semakin dirasakan oleh masyarakat dengan bersinergi bersama Penabur di 14 kota,” kata Kenny.

Pengurus Yayasan BPK Penabur, Pengurus BPK Penabur Jakarta periode 2018-2022, Pengurus BPK Penabur Jakarta periode 2022-2026, Pengurus Penabur setempat, Pejabat Struktural Sekretariat BPK Penabur Jakarta dan 79 Kepala Sekolah menghadiri kebaktian secara langsung.

Tenaga pendidik dan kependidikan BPK Penabur Jakarta turut menyaksikan kebaktian pelantikan pengurus BPK Penabur Jakarta periode 2022-2026 melalui Zoom Meeting dan kanal YouTube BPK Penabur Jakarta.

“Kepada rekan-rekan pengurus, tenaga pendidik, dan kependidikan, marilah kita memaknai bahwa kita tengah berjalan bersama-sama dalam suatu perjalanan spiritualitas, menghidupi nilai-nilai Kristiani sebagai lembaga pendidikan Kristen, serta menjadi garam dan terang bagi BPK Penabur Jakarta,” tutur Kenny.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi menyampaikan BPK penabur Jakarta memiliki potensi yang besar, SDM unggul, sarana prasarana yang mendukung. 

Oleh sebab itu, diharapkan Pengurus BPK Penabur Jakarta semakin bersinergi bersama Pengurus Yayasan BPK Penabur dengan mewujudkan harapan menjadi berkat bagi Indonesia lewat kolaborasi bersama Penabur di 14 kota lainnya. 

“Saya berpesan kepada setiap pengurus BPK Penabur Jakarta agar melayani dengan hati, tidak mementingkan diri sendiri tetapi meninggalkan ambisi, berkarya bagi sesama, BPK Penabur, Indonesia, dan untuk kemuliaan Tuhan,” tutur Adri Lazuardi.

Adri berharap BPK Penabur Jakarta dapat membentuk generasi muda berkarakter kuat, tangguh dalam menghadapi tantangan zaman, mampu berada di tengah masyarakat, dan berkontribusi lewat bidang yang ditekuni berlandaskan Pendidikan Kristen Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K). (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Ramdani

Komisi X DPR RI Minta Perpusnas Tingkatkan Unsur Literasi Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:30 WIB
Ia menyatakan Indeks Literasi Masyarakat yang disusun Perpusnas dapat menjadi landasan kebijakan literasi...
Dok. DPR RI

Anggota DPR Dorong Pabrik Semen Indarung dan PLTA Rasak Bungo Jadi Warisan BUdaya UNESCO

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:00 WIB
Menurut Rieke, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar...
Ist

Mydoremi Ajak Anak Indonesia Berkreasi di Dunia Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 06:46 WIB
Mydoremi Co-founder, Cisca Chang, menyatakan bahwa Mydoremi membuat kegiatan pembelajaran yang fun (edutainment) melalui Mydoremi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya