Rabu 02 November 2022, 22:30 WIB

Hadapi Ageing Population, Indonesia Perbanyak Kawasan Ramah Lansia

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Hadapi Ageing Population, Indonesia Perbanyak Kawasan Ramah Lansia

Antara
Ilustrasi

 

PPERINGATAN hari lanjut usia (lansia) internasional pada 1 Oktober 2022 lalu mengambil tema Resilience of Older Persons in a Changing World sebagai refleksi dari apa yang terjadi selama pandemi covid-19.

Pandemi telah memperburuk ketidaksetaraan yang ada dalam 3 tahun terakhir mengintensifkan dampak sosial ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan iklim pada kehidupan lanjut usia terutama mayoritas perempuan.

Selama ini, kata dia, perempuan lanjut usia terus memberikan kontribusi yang berarti bagi kehidupan plotik, sipil, dan budaya. Namun kontribusi dan pengalaman mereka kurang terlihat dan diabaikan.

Dalam merespons hal itu, asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia KemenkoPMK Ricky Radius Siregar mengatakan, pada RPJMN 2020-2024 pemerintah telah menyusun strategi situasi dan kondisi Indonesia untuk menghadapi ageing popullation.

"Pemerintah menargetkan pada 2024 terjadi peningkatan kawasan ramah lansia," katanya dalam Seminar Ketahanan dan Kontribusi Lansia Perempuan, Rabu (2/11).

Ia menuturkan, strategi nasional kelanjutusiaan secara garis besar memberikan gambaran terkait lanjut usia di Indonesia. Pertama perubahan struktur penduduk dan proyeksi penduduk ke depan. Kedua yakni tantangan utama lanjut usia meliputi bidang kesehatan, ekonomi, sosial, dan lingkungan. Ketiga yakni kelembagaan yang dipengaruhi kehidupan lanjut usia.

Sebagai gambaran penduduk saat ini berada di era menua terdapat 727 juta berusia 65 tahun ke atas per 2020, dan angka tersebut diproyeksikan akan berlipat ganda menjadi 1,5 miliar jiwa di 2050.

"Selama 50 tahun terakhir presentase penduduk lansia di Indonesia juga meningkat dari 4,5% pada tahun 1971 menjadi 10,7% di 2020. Angka tersebut terus meningkat hingga 19,9% di 2040," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Perencana Ahli Madya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Dinar Dana Kharisma mengatakan rata-rata secara nasional penduduk lansia di Indonesia sudah mendekati 10% jadi satu di antara 10 penduduk di Indonesia ini merupakan lanjut usia. Provinsi dengan penduduk kelompok umur 60 tahun ke atas paling banyak berada di Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan.

"Sementara di bawah presentase nasional mulai Lampung sampai dengan Papua ini provinsi-provinsi yang lanjut usianya masih belum mencapai tingkatan ini," ata DInar.

Sehingga kita memasuki aging popullation yang menjadi permasalahan jika tidak siap. Sehingga provinsi yang penduduknya banyak berumur 60 tahun ke atas harus lebih siap karena aging society akan lebih cepat tiba di wilayah-wilayah ini.

Selain itu, yang harus diperhatikan saat ini jumlah lansia di Indonesia sekitar 10% dari 270 juta penduduk artinya ada 27 juta lansia dan 2,7 juta memerlukan perawatan jangka panjang atau lansia yang sudah tidak bisa hidup sendiri.

"Ini harus diperhatikan artinya 2,7 juta lansia di Indonesia ini merupakan kategori lansia yang sudah tidak bisa hidup sendiri angka ini yang harus menjadi perhatian kita. Kemudian 10% dari lansia yang tidak bisa tinggal sendiri itu tidak punya siapa-siapa," ungkapnya. (H-2)

Baca Juga

livescience.com

Proses Terjadinya Fertilisasi pada Manusia

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:30 WIB
Fertilisasi yang terjadi pada manusia disebut dengan fertilisasi internal karena proses pembuahannya ada di dalam...
Wisegeek

Yuk Kenali Diare dan Penanganannya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:15 WIB
Diare adalah kondisi perubahan frekuensi buang air besar (BAB) yang disertai perubahan konsistensinya, yakni BAB menjadi lebih lembek atau...
Ist

“Cinta Yang Memulihkan", Kumpulan Cerpen dari Penulis ALINEA  

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:44 WIB
Sejumlah penulis yang menyumbangkan cerpennya hadir dan kemudian membacakan karyanya, diiringi musikalisasi gitar dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya