Kamis 27 Oktober 2022, 11:46 WIB

Seminar Nasional UMJ Jaring 632 Makalah

Mediaindonesia.com | Humaniora
Seminar Nasional UMJ Jaring 632 Makalah

MI/HO
Seminar Nasional Penelitian dan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat UMJ 2022.

 

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjaring sebanyak 632 makalah dalam Seminar Nasional Penelitian dan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2022. 

Seminar yang digelar secara daring, Rabu (26/10), menghadirkan tiga pembicara utama yaitu Ketua LPPM UMJ Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, Kepala LLDIKTI Wilayah III Dr. Paristiyanti Nurwardani, MP, dan Prof. Wan Azmi Bin Wan Hamzah dari Universiti Malaysia Pahang

Rektor UMJ Ma'mun Murod, mengatakan, pihaknya terus melakukan sinergi dan bekerja sama dengan masyarakat, serta kampus atau institusi lainnya dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menuju World Class University. "Peran LPPM dan dukungan Kepala LLDIKTI Wilayah III sangat penting dalam pelaksanaan seminar ini, dalam konteks riset dan pengabdian," ungkap Ma’mun lewat keterangannya 

Adapun Paristiyanti Nurwardani mengatakan bahwa kolaborasi adalah hal mutlak dalam suatu penelitian dan inovasi. Saat ini Paristiyanti bersama LLDIKTI Wilayah III berupaya melakukan kolaborasi untuk percepatan peningkatan jabatan fungsional dosen dan penelitian pada saat MBKM.

Menurutnya, MBKM pada dasarnya memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk berkenalan dan mendekati dunia kerja yang diinginkannya secepat mungkin. 

MBKM juga mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu melalui Program Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Bidang Penelitian. Program tersebut dapat dilakukan secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa dengan bobot 20 sks. Dosen berhak mendapatkan KUM 12 dan mendorong kenaikan pangkat. Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti program dengan langkah yang tepat.  

Dalam penelitian perguruan tinggi, Paristiyanti menyarankan untuk menggunakan kolaborasi pentahelix. Konsep pentahelix adalah konsep yang melibatkan multistakeholder yakni akademisi, pemerintah, dunia industri, serta media dan komunitas. 

Ia juga menekankan mahasiswa untuk dapat mengikuti peta jalan penelitian yang dimulai dari research and development, lalu teknologi, kemudian produk, dan bermuara pada market.

Pada kesempatan yang sama, Tri Yuni Hendrawati menjelaskan tantangan dalam hal mutu sistem pendidikan. “Saat ini kita ditantang untuk mempunyai sistem pendidikan yang bermutu. Sistem ini merupakan tuntutan anak didik kita untuk mengantasipasi society in 4.0,” ungkap Tri Yuni. 

Prof. Wan Azmi Bin Wan Hamzah, memberikan catatan penting untuk UMJ dalam rangka menuju World Class University. Azmi menekankan pada sivitas akademika UMJ terutama dosen dan lembaga terkait untuk fokus pada penelitian, pelatihan, konsultasi dan pendampingan dalam publikasi ilmiah. Hal penting lainnya adalah kolaborasi riset dengan universitas di dalam ataupun luar negeri.

Seminar ini diselenggarakan secara berkala tiap setahun sekali. Kali ini, seminar mengusung tema Penguatan Kapasitas dan Kolaborasi Penelitian Serta Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Merdeka Belajar Kampus Mereka Menuju World Class University. Agenda diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa praktisi industri. 

Seminar juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi, komunikasi, dan informasi, serta bentuk kepedulian perguruan tinggi dalam mengembangkan kegiatan diseminasi di berbagai bidang. 

Ketua Panitia Semnas Assoc. Prof. Anwar Ilmar Ramadhan, S.T., M.T., mengatakan, 632 makalah yang terkumpul terdiri dari beberapa bidang peminatan yaitu pendidikan dan agama, kedokteran dan kesehatan, sains dan teknologi, pertanian ekonomi, serta hukum dan politik. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/ ILUSTRASI/Aribowo Sucipto

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:50 WIB
Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5...
ANTARA / JAFKHAIRI

Dianggap Melanggar UU, KLHK Larang Peneliti Asal Inggris Lakukan Penelitian di RI

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:10 WIB
KLHK sangat mendukung kegiatan penelitian berbasis sains, namun akan bersikap tegas terhadap para peneliti asing yang tidak taat...
MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya