Minggu 02 Oktober 2022, 12:04 WIB

GE Healthcare dan PERKI Kolaborasi Atasi Penyakit Kardiovaskular

mediaindonesia.com | Humaniora
GE Healthcare dan PERKI Kolaborasi Atasi Penyakit Kardiovaskular

ist
Menkes Budi Gunadi Sadikin turut praktik CPR dalam peringatan Hari Jantung Sedunia 2022 di Jakarta, Minggu (2/10).

 

PENYAKIT kardiovaskular terus meningkat dan menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia dengan 17,9 juta jiwa setiap tahunnya.

Dalam rangka Hari Jantung Sedunia 2022 dan untuk meningkatkan pemahaman mengenai penyakit jantung, GE Healthcare berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) untuk mengadakan program edukasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit kardiovaskular di kalangan masyarakat dan tenaga kesehatan.

Untuk itu, GE Healthcare bersama dengan PERKI mengadakan program ”Use Heart for Every Heart” pada tanggal 2 Oktober 2022 di area Plaza Tenggara, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit kardiovaskular yang meliputi senam jantung, pelatihan bantuan hidup dasar, edukasi klinis melalui talkshow, serta pemeriksaan jantung menggunakan teknologi kesehatan.

Dalam acara ini, GE Healthcare dan PERKI juga berencana memecahkan rekor MURI dengan menyelenggarakan Senam Jantung Pertama dengan Iringan lagu medley daerah diikuti serentak secara daring oleh lebih dari 35.000 peserta dari 42 cabang PERKI seluruh Indonesia dan 1.300 peserta secara luring.

Baca juga: Penanganan Akurat Dapat Minimalkan Kerusakan pada Jantung

Kegiatan senam ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung masyarakat sambil mengikuti irama musik tradisional Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan (Menlu) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut serta dalam kegiatan tersebut dan menyaksikan demo peralatan kardiologi canggih dari GE Healthcare.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Radityo Prakoso, SpJP(K) mengatakan, “Saat ini lebih dari 80% kematian terjadi pada kelompok masyarakat di negara-negara berkembang."

"Faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular pada dasarnya dapat dimodifikasi, seperti kurang berolahraga, merokok, dan pola diet yang buruk," jelasnya.

"Oleh karena itu, tercetuskan gerakan kampanye global dengan nama World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia. World Heart Day merupakan kampanye di bidang kesehatan jantung terbesar yang diselenggarakan secara global oleh lebih dari 90 negara," kata dr. Radityo.

"Untuk mendukung kampanye tersebut, PERKI melakukan kerja sama jangka panjang dengan GE Healthcare, untuk memberikan berbagai edukasi dan pelatihan termasuk update mengenai teknologi perawatan kardiologi terkemuka dan solusi kesehatan dari GE Healthcare di bidang kardiovaskular,” paparnya.

Country General Manager Indonesia, GE Healthcare Putty Kartika mengatakan, “GE Healthcare senantiasa berkomitmen untuk mendukung Kementerian Kesehatan RI dan mitra strategis kami dalam mencapai tujuan kesehatan mereka untuk negara."

"Sebagai penyedia teknologi dan layanan perawatan kesehatan terkemuka, kami merasa terhormat dapat berbagi solusi layanan kardiologi dari GE Healthcare untuk mendukung layanan kesehatan di Indonesia dengan meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dan juga memberikan hasil yang terbaik bagi pasien," papar Putty.

"Dengan kerja sama strategis ini, GE Healthcare berharap dapat memiliki peran penting dalam mengatasi penyakit kardiovaskular di Indonesia,” tambahnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Inovasi Produk Rendah Emisi Jadi Langkah Penting Mitigasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:52 WIB
Emisi karbon yang dihasilkan dari kehidupan manusia yaitu dari sektor produksi, konsumsi, dan transportasi perlu dikelola dengan usaha kita...
dok.Humas BKKBN

Mengapa Stunting Harus Dicegah? Ini kata Kepala BKKBN di depan Penyuluh Agama

👤Ardi T Hardi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:40 WIB
KEPALA BKKBN, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) memaparkan, pentingnya pencegahan stunting. Indonesia pun telah menargetkan angka...
dok.ist

Mahasiswa Apoteker Korban PN UKAI Geruduk Lagi Kemendikbudristek

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:15 WIB
HASIL keputusan dari PTUN tentang uji kompetensi di seluruh tenaga kesehatan sudah menunjukan hasil positif dengan mengembalikannya kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya