Selasa 27 September 2022, 11:10 WIB

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton

Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara oleh Kesultanan Buton.

 

Presiden Joko Widodo dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara oleh Kesultanan Buton, Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9).

Perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal, menjelaskan bahwa gelar tersebut memiliki makna seorang laki-laki yang bersikap dan berperilaku mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan.

"Serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia),” kata La Ode Muhamad Arsal.

Dalam pemberian gelar tersebut, Presiden mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam, lengkap dengan peci dan tongkat.

Selepas prosesi dilaksanakan, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa atas pemberian gelar tersebut. “Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar kepada saya yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara,” tutur Jokowi.

Kepala Negara juga memberi apresiasi tinggi kepada Kesultanan Buton yang terus memelihara dan menjaga kearifan lokal di tengah modernisasi dan derasnya budaya asing.

“Saya sangat menghargai dirawatnya, dipeliharanya adat, dipeliharanya tradisi, dirawatnya kearifan-kearifan lokal di Kesultanan Buton ini. Meskipun modernisasi, budaya asing yang terus menggerogoti budaya-budaya kita, tapi saya melihat adat, tradisi, kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara dan dirawat di Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara,” ucapnya. (OL-12)

Baca Juga

AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:40 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...
dok.ist

Tips Pemimpin Masa Kini Versi Ganjar Kepada Ratusan Anak Muda

👤Haryanto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:21 WIB
DEWASA ini para pejabat pemerintahan maupun pemimpin harus sensitif terhadap apa yang diinginkan masyarakat, termasuk kalangan generasi...
Ist

Inovasi Produk Rendah Emisi Jadi Langkah Penting Mitigasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:52 WIB
Emisi karbon yang dihasilkan dari kehidupan manusia yaitu dari sektor produksi, konsumsi, dan transportasi perlu dikelola dengan usaha kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya