Kamis 15 September 2022, 08:15 WIB

Tahun Ini, K-Festival Kembali Hadir Secara Luring

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Tahun Ini, K-Festival Kembali Hadir Secara Luring

MI/HO
Poster K-Festival 2022

 

AGENDA kebudayaan Korea tahunan, yang akrab disebut K-Festival (Korea Festival) kembali hadir secara luring pada 2022. Beragam aktivitas menarik telah dipersiapkan untuk dapat dinikmati dan dialami secara langsung oleh masyarakat di Indonesia. 

Rangkaian K-Festival 2022 akan berlangsung lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu pada 15 September hingga 20 November 2022.

K-Festival 2022 diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Korea Tourism Organization (KTO), Korea Creative Content Agency (KOCCA), Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT), Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA), Korea International Trade Association (KITA), serta Asiana Airlines dan CGV Indonesia.

Baca juga: Sambut G20, Kedubes Korsel di Jakarta Gelar Pertunjukan Beautiful Korea, Dynamic Busan

Tahun ini, K-Festival akan diawali dengan pertunjukan istimewa Lagu & Tarian Tradisional Korea, pada 16 September, yang dipersembahkan oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia dan Korean Cultural Center Indonesia. 

Pertunjukan itu menghadirkan seniman-seniman profesional dari Busan National Gugak Center, sebuah institusi yang berpusat pada pelestarian budaya tradisional Korea dan pementasan, secara khusus bidang musik dan tari. 

Selain itu, akan berlangsung agenda bertajuk Annyeong Chukje (15-25 Sep. 2022), sebuah festival menyambut K-Festival 2022 yang menampilkan aktivitas pengalaman budaya dan promosi tentang Korea.

Penyelenggaraan K-Festival 2022 mengangkat 7 kategori, yaitu Exhibition, Performance, Content, Tourism, Food, Life, dan Event. 

Paspor K-Festival atau K-Passport kembali hadir, yang sudah memasuki Season 3. K-Passport Season 3 berfungsi sebagai panduan informasi program K-Festival 2022 dan buku untuk mengumpulkan stempel. 

Stempel akan tersedia di sejumlah tempat pelaksanaan K-Festival 2022. Bagi yang berhasil mengumpulkan stempel-stempel dari acara bagian dari K-Festival 2022 maka berhak mengikuti undian berhadiah utama tiket ke Korea (pp) menggunakan Asiana Airlines.

Korea Indonesia Film Festival (KIFF)

KCCI bersama CGV Cinemas Indonesia akan menggelar kembali secara luring Korea Indonesia Film Festival (KIFF). KIFF 2022 akan menayangkan 16 film favorit dari berbagai genre, mulai 29 September hingga 2 Oktober 2022 di empat lokasi CGV.

Korea Health & Beauty

KTO akan menyelenggarkan acara bertema Korea Health & Beauty. Acara ini merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mengenalkan institusi medis Korea langsung ke masyarakat Indonesia dalam bentuk seminar eksklusif yang dilanjutkan dengan penjualan paket medis serta konsultasi. 

Undangan untuk acara ini merupakan pasien ataupun pihak-pihak yang memiliki potensi untuk melakukan tindakan medis ataupun perawatan di Korea. Acara ini akan menghadirkan sekitar 3 institusi medis Korea sebagai pengisi acara.

Selain itu, KTO, kali ini, bekerja sama dengan online travel agent ternama untuk mengadakan ‘Korea Hybrid Travel Fair 2022'. 

Melalui acara ini, KTO dan pihak terkait menawarkan berbagai macam promo dan potongan harga menarik untuk semua produk wisata Korea, termasuk tiket pesawat, hotel, dan atraksi pariwisata yang dapat dibeli secara online. 

Selain itu, KTO juga menawarkan diskon tambahan bagi pengunjung yang ingin bertransaksi offline secara langsung di Senayan City Mall pada 27 – 28 Oktober 2022. 

Acara offline tentunya dilengkapi dengan berbagai games dengan hadiah menarik dan instalasi seni bertema Korea yang instagramable.

KOCCA Indonesia Hadirkan Beragam Acara untuk Penggemar Hallyu 

Melanjutkan kesuksesan tahun sebelumnya, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia akan kembali menyelenggarakan pemutaran konser K-Pop online bertajuk Stage K-Pop: Assemble, untuk memeriahkan Korea Festival 2022. 

Stage K-Pop: Assemble tahun ini menghadirkan AB6IX, Momoland, Super Junior, Kai EXO, dan StayC. 

Jadwal penayangan pada 19-20 November 2022 di area panggung Time To Korea KOREA 360, Lotte Shopping Avenue dengan mengundang para penggemar Hallyu.

Untuk penggemar kartun Korea, khususnya Pororo, KOCCA Indonesia juga akan menghadirkan penayangan film kartun Pororo Dragon Castle Adventure pada 3-4 Desember 2022 di area panggung Time to Korea KOREA 360. 

Acara ini dapat menjadi kesempatan bagus untuk anak-anak yang rindu menonton kartun layar lebar karena pandemi.

Selain itu, KOCCA Indonesia juga hadir dalam Annyeong Chukje (15-25 September 2022, di Lippo Mall Kemang), serta kembali memamerkan warisan budaya Korea dalam bentuk video immersive yang akan diputar di acara K-Book Exhibition 2022.

K-Lifestyle in ASEAN 2022

KOTRA akan mengadakan acara K-Lifestyle in ASEAN 2022 pada 19 - 27 November 2022. Acara ini terdiri dari promosi penjualan daring dan luring,

Tahun ini, ada sekitar 100 perusahaan yang akan berpartisipasi, mulai dari perusahaan dalam negeri dan perusahaan pemula (start-up), perusahaan menengah, hingga perusahaan maju. 

Produk yang diikutsertakan juga beragam, mulai dari produk konsumsi sehari-hari seperti makanan, peralatan dapur, mode, hingga produk kecantikan.

Promosi luring yang merupakan kolaborasi Korea Trade Organization dan Korea Cosmetic Industry Institute akan digelar di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. 

Acara ini adalah wadah promosi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk-produk dari perusahaan yang ikut serta, juga memperkenalkan budaya Korea pada warga Jakarta.

Acara konsultasi ekspor akan diadakan secara daring yang bisa dihadiri 50 pembeli dari 8 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Vietnam, Singapura, dan lain-lain. Dinas Perdagangan DKI Jakarta juga akan turut mengundang pembeli untuk berpartisipasi dalam acara konsultasi dan demonstrasi produk.

B2B Buyer Meeting dan Pameran Luring

KITA dan COEX berencana untuk mengadakan B2B Buyer Meeting dan Pameran luring di Jakarta Convention Center (JCC) dan Lotte Shopping Avenue Jakarta untuk pertama kali dalam tiga tahun sejak 2019.

KITA akan menciptakan peluang bisnis dengan perusahan-perusahan Indonesia dengan mengadakan B2B meeting, dan pameran di mana sekitar 200 perusahan Korea yang terbaik berpartisipasi di JCC selama 3 hari pada tanggal 10 - 12 Oktober, serta acara pengalaman yang kaya akan diadakan agar konsumen Indonesia dapat langsung merasakan dan mencicipi produk unggulan Korea, selama 7 hari pada tanggal 7 - 13 Oktober di Lotte Shopping Avenue.

Pada acara tertentu dalam K-Festival 2022 akan dilakukan siaran langsung melalui akun media sosial dengan tujuan agar dapat dinikmati oleh masyarakat lebih luas.

Penyelenggaraan K-Festival 2022 diharapkan dapat memberikan semangat lebih kepada masyarakat melalui beragam bidang dalam budaya Korea. Dalam pelaksanaan acara luring maka akan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. (RO/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Zabur Karuru

Pengamanan Perempuan dan Anak dalam Tragedi Kanjuruhan Disorot

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:27 WIB
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyebut sedikitnya ada 17 anak yang meninggal dan tujuh anak mengalami...
Antara

Festival Sains dan Bahasa 2023 Kembali Hadir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 15:41 WIB
Pendaftaran FSB 2023 dibuka mulai 1 Oktober 2022. Pengumuman finalis pada 23 Desember...
ANTARA

Menteri PPPA: Gunakan Batik di Berbagai Kesempatan Hingga Lestari

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 15:09 WIB
Bintang Puspayoga menambahkan batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui secara nasional dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya