Selasa 06 September 2022, 20:44 WIB

Asmaul Husna: Allah Al-Mushawwir Maha Menciptakan Aneka Rupa Makhluk

Mediaindonesia.com | Humaniora
Asmaul Husna: Allah Al-Mushawwir Maha Menciptakan Aneka Rupa Makhluk

DOK @limofficial_lirboyo di Instagram.
Tulisan arab Al-Mushawwir.

 

SEKARANG kami akan membahas rangkaian terakhir dari tiga asma Allah yang berkaitan langsung dengan proses penciptaan makhluk yaitu Al-Mushawwir. Dua asmaul husna yang terkait sudah kami bahas yaitu Al-Khaliq dan Al-Baari'.

Pengertian Al-Mushawwir

Asal Al-Mushawwir dari kata kerja shawwara. Secara bahasa, shawwara berarti menggambarkan atau merupakan. Sebagai asma Allah, Al-Mushawwir biasa dimaknai Yang Maha Menciptakan Rupa.

Dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram, jika kita menengok pembahasan sebelumnya dapat kita temukan bahwa Allah subhanahu wa taala membuat rancangan ciptaannya sebagai Al-Khaliq. Yang melaksanakan penciptaan tersebut disebut sebagai Al-Baari'.

Nah barulah sebagai Al-Mushawwir, Allah menciptakan rupa dari makhluk yang diciptakannya itu. Tiga peran berbeda di atas dilakukan Allah subhanahu wa taala tanpa satu pun rekan untuk bekerja sama.

Tiap manusia berbeda

Cobalah kita lihat manusia di sekitar, termasuk diri sendiri. Pada dasarnya kita semua memiliki bentuk dasar yang sama, tetapi kita diciptakan dalam rupa yang berbeda. Tidak ada dua manusia yang sama. Dua manusia kembar identik yang berbagi rahim bersama pun masih memiliki perbedaan.

Baca juga: Asmaul Husna, Allah Al-Baari Wujudkan Makhluk Rancangan Al-Khaliq

Mari kita pula bayangkan soal satu bagian manusia yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi identitas orang yakni sidik jari. Dari sekian miliar manusia yang ada, tak ada yang punya detail sidik jari yang sama.

Begitulah keagungan Allah subhanahu wa taala dalam menciptakan rupa seluruh makhluk. Tak dapat digambarkan, hal seperti ini dapat dilakukan oleh selain-Nya.

Dengan memperhatikan manusia, hewan, tumbuhan, dan segenap unsur alam lain yang tersaji, kita sudah semestinya menyadari ada sosok luar biasa di balik penciptaan itu. Betapa kita kerdil di hadapan kemahabesaran-Nya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Asep Fathulrahman.

Tanggal Maulid Nabi 2022 dan Sejarahnya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:30 WIB
Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Maulid Nabi menjadi momen untuk mengingat, menghayati, dan memuliakan...
Antara

66,37% Anak Terproteksi Vaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:18 WIB
Sebanyak 21.159.070 anak telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 80,15 persen dari...
Freepik

Doa Koronka Kerahiman Ilahi

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:04 WIB
Umat Katolik disuruh untuk berdoa Koronka Kerahiman dan menguduskan Gambar Kerahiman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya