Rabu 24 Agustus 2022, 23:50 WIB

Ibu Negara Bacakan Dongeng untuk Anak PAUD

Faustinus Nua | Humaniora
Ibu Negara Bacakan Dongeng untuk Anak PAUD

Kemendikbud
Ibu Iriana Joko Widodo (kiri) membacakan dongeng kepada anak PAUD.

 

IBU Negara Iriana Joko Widodo berduet dengan Ibu Wury Ma’ruf Amin membacakan dongeng di hadapan murid-murid PAUD dalam kegiatan penguatan karakter PAUD melalui Profil Pelajar Pancasila, Rabu (24/8).

Kegiatan yang diselenggarakan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) itu dihadiri 50 peserta secara luring di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Tangerang dan sekitar seribu peserta via daring.

Saat itu, Ibu Negara selaku Pembina OASE KIM bersama Ibu Wury membacakan dongeng Laut Rumahku kepada murid-murid PAUD yang antusias mengikuti dan berinteraksi. Melalui dongeng yang dibacakan, keduanya mengajak murid-murid lebih mengenal hewan-hewan laut mulai dari ikan pari hingga gurita dan ciri khas mereka.

"Aktivitas mendongeng diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak," pesan Ibu Negara, Kamis (24/8).

Pembentukan dan penguatan karakter anak yang diharapkan sejalan Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Ketua Bidang I Pengasuhan dan Pendidikan Karakter OASE KIM Ibu Mendikbudristek Franka Makarim menyampaikan apresiasi kepada Ibu Iriana dan Ibu Wury. Kehadiran Ibu Negara menjadi contohnya upaya penguatan karakter di lingkungan keluarga.

"Semoga ini menjadi contohnya nyata bagi ibu dan bapak di rumah yang mempunyai anak agar semakin semangat membaca dan mendongeng kepada anaknya," jelasnya.

Menurutnya, pelatihan karakter dan pembinaan keluarga terutama keluarga muda menjadi salah satu fokus OASE KIM. Pihaknya ingin mendorong anak menjadi Pelajar Pancasila yang dimulai dengan komunikasi dan hubungan erat di keluarga.

"Pada saat kita membaca kita membangun cintanya dengan cerita, kita juga membangun bagaimana dia bisa bernalar kritis, bertanya cerita ini apa dan lain-lain," tandas Franka. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Pentingnya Sinergi Semua Pihak untuk Perangi Perundungan Online

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:42 WIB
Salah satu hasil kajian itu mengungkapkan bahwa 6 dari 10 remaja di Indonesia mengalami...
Ist

SGM Eksplor dan Mitra Ritel Dukung Akses Nutrisi Bagi Anak-anak

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:33 WIB
SGM Eksplor bekerja sama dengan berbagai mitra ritel lokal di delapam kabupaten/kota menjalankan program donasi paket nutrisi dan...
Ist

Legislator: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 18:41 WIB
Masyarakat agar tidak mudah percaya konten-konten yang bersumber dari media sosial atau internet, terutama yang menggunakan ayat-ayat Al...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya