Senin 15 Agustus 2022, 13:44 WIB

Kulit Pisang Dibuat Kue Terasa Enak, Sehat, Kurangi Sisa Makanan

Meilani Teniwut | Humaniora
Kulit Pisang Dibuat Kue Terasa Enak, Sehat, Kurangi Sisa Makanan

Antara/Ari Bowo Sucipto.
Kulit pisang.

 

SETIAP kali Anda mengupas pisang dan membuang kulitnya sejatinya telah membuang camilan yang enak dan bergizi. Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan jika kulit pisang direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi tepung, ia dapat diubah menjadi makanan panggang yang rasanya sama enaknya, jika tidak lebih baik daripada produk berbasis gandum.

Anda mungkin tidak pernah mempertimbangkan untuk memasak dengan kulit pisang. Namun tidak hanya sangat aman, tetapi para ilmuwan juga menunjukkan bahwa itu benar-benar baik untuk Anda.

Ketika produk percobaan mereka diuji rasa, konsumen melaporkan bahwa mereka sama senangnya dengan rasanya. Anda bahkan akan mendapatkan banyak mineral dan nutrisi pelawan kanker. Diperkaya dengan kulit pisang, misalnya, kue yang dibuat dalam penelitian ini mengandung lebih banyak serat, magnesium, potasium, dan senyawa antioksidan.

Sisi negatifnya, menambahkan terlalu banyak tepung kulit pisang menghasilkan kue yang agak cokelat dan keras, mungkin karena semua serat ekstra. Namun ketika dibuat dengan tepung yang mengandung 7,5% kulit pisang, tekstur kue mencapai keseimbangan yang jauh lebih menarik. Sebagai bonus, kue juga dapat disimpan dengan baik di rak selama tiga bulan pada suhu kamar.

Sementara penelitian hanya melihat konsekuensi menambahkan kulit pisang ke kue panggang, hasilnya menyarankan penggunaan tepung kulit pisang dalam roti, kue, dan pasta mungkin juga layak dipertimbangkan. Tahun lalu, misalnya, penelitian tentang kue kulit pisang menemukan bahwa kulit kuning memberikan warna makanan alami pada produk yang dipanggang serta meningkatkan nutrisi.

Studi pada 2016, sementara itu, menemukan bahwa mengganti hingga 10% tepung terigu dengan tepung kulit pisang dapat memperkaya roti panggang dengan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak lebih tinggi. Tidak suka memanggang? blogger vegan Nigella Lawson telah menggunakan kulit pisang dalam kari.

Baca juga: Anak-Anak Jepang Belajar Berjalan dengan Cara yang Unik

Makan kulit buah ini bukan hanya pilihan yang sehat, tetapi juga dapat membantu mengurangi sisa makanan. Sekitar 40% dari berat pisang ada di kulitnya, dan sebagian besar waktu, kulit yang kaya nutrisi ini dibuang begitu saja.

Tentu, kulit pisang sangat tidak berguna saat mentah. Namun jika mereka disiapkan dengan benar, mereka sebenarnya bisa terasa sangat enak. Mereka bahkan dapat memperpanjang umur simpan beberapa produk karena kulitnya memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Hal yang sama berlaku untuk kulit buah lain, seperti mangga, yang juga ditemukan untuk meningkatkan sifat antioksidan kue dan meningkatkan rasanya. Jadi, lain kali Anda mengupas pisang untuk diambil buahnya, pertimbangkan untuk menyimpan kulitnya. Perut Anda mungkin akan berterima kasih nanti. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Traveloka Dukung Implementasi Lima Pilar Aksi Tourism Working Group G20

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 15:30 WIB
Traveloka bersama dengan pemangku kepentingan lainnya mendukung Kemenparekraf yang menjadi Chair Tourism Working Group...
Antara

Guru PPPK Mulai Terima Gaji pada Oktober Mendatang

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 27 September 2022, 15:19 WIB
Kemendikbud-Ristek terus melakukan koordinasi dengan pemda. Tujuannya, memastikan tidak ada kendala dalam proses administrasi terkait...
Antara/FB Anggoro.

Latihan Pernapasan Lima Menit Sehari Kurangi Tekanan Darah Tinggi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 27 September 2022, 15:15 WIB
Hanya 30 napas dalam sehari dengan alat khusus dapat mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi seefektif pengobatan dan penurunan berat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya