Senin 01 Agustus 2022, 11:03 WIB

Sandiaga Dukung Pemblokiran PayPal dan PSE Lainnya

Valerie Augustine Budianto | Humaniora
Sandiaga Dukung Pemblokiran PayPal dan PSE Lainnya

ANTARA/Muhammad Adimaja
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung tindakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang memblokir layanan platform dan aplikasi digital luar negeri. Hal itu dilakukan lantaran platform bersangkutan tidak mematuhi aturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

"Kami mendukung penuh langkah tegas @kemenkominfo melakukan pemblokiran beberapa platform dan aplikasi digital luar negeri yang tidak mau melakukan pendaftaran dalam Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Ora iso sak penake dewe!" tegas Sandi lewat akun Instagram resminya, dikutip Senin (1/8).

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut menegaskan agar platform dan aplikasi digital luar negeri yang beroperasi di Indonesia sudah selayaknya mematuhi aturan yang berlaku di negara ini. 

Baca juga: PayPal Diblokir, Hambat Aktivitas Pekerja

"Hal tersebut penting dan harus digarisbawahi. Setiap negara memiliki aturan tersendiri dan harus dihormati. Sama seperti kita jika hendak berbisnis di luar negeri. Harus patuh dan mengikuti aturan yang berlaku di sana," terang Sandi.

Meski memahami kegelisahan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap situasi ini, Sandi menegaskan lapangan kerja bisa tercipta dengan tetap menegakkan aturan yang ada. 

Selain itu, Sandi juga menyebut pemerintah menerapkan PSE agar platform-platform melakukan registrasi atau pendaftaran, bukan perizinan baru.

"Apabila sudah terdaftar, blokir akan dibuka dan silahkan untuk melakukan kegiatan serta transaksi lagi di Indonesia," tambahnya.

Sebagai informasi, Kominfo telah memblokir sejumlah PSE Lingkup Privat (platform digital) besar yang ada di Indonesia, mulai 30 Juli 2022. Beberapa platform yang diblokir antara lain Yahoo, PayPal, Steam, Epic Games, Dota, Counter Strike, dan Origin. 

Khusus PayPal, Kominfo membuka blokir untuk sementara waktu sejak Minggu, 31 Juli 2022 agar para pengguna Paypal dapat memindahkan saldo dalam waktu 5 hari yang diberikan. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Pentingnya Penggunaan 'Sheet Mask' untuk Kulit Wajah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:45 WIB
Salmon DNA ampuh untuk menghidrasi hingga mencerahkan kulit wajah, menjaga kulit dari efek penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit,...
Antara

TFR Ideal Optimalkan Pencapaian Bonus Demografi

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:35 WIB
Dengan pertumbuhan penduduk yang seimbang saat ini maka bonus demografi Indonesia bisa dimanfaatkan secara...
DOK Pribadi.

Politeknik APP Jakarta Targetkan 65% Mahasiswanya Bekerja sebelum Wisuda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:33 WIB
Politeknik APP Jakarta menargetkan 65% mahasiswanya sudah bekerja sebelum wisuda. Kemudian 80% dari seluruh mahasiswa memperoleh pekerjaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya