Selasa 19 Juli 2022, 16:00 WIB

Apresiasi Keberagaman di KTT Y20

Budi Ernanto | Humaniora
Apresiasi Keberagaman di KTT Y20

DOK IST
Welcoming dinner KTT Y20 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (18/7).

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik kedatangan delegasi Youth 20 (Y20) dalam acara welcoming dinner di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (18/7).

Di hadapan para delegasi muda yang datang dari berbagai negara, Anies menekankan pentingnya persatuan. "Keberagaman adalah anugerah Tuhan. Lihat saja ruangan ini, semua orang berasal dari suku bangsa, negara berbeda, tetapi memilih untuk bersatu dan bekerja sama secara damai dan dewasa dan itu kita sendiri yang memutuskan," ungkap Anies kepada delegasi Y20.

"Sebesar apapun kita menghargai keberagaman, jangan lupa betapa pentingnya persatuan. Karena itu yang membedakan kita dari mereka yang gagal mencapai persatuan," jelasnya.

Anies menjelaskan, keberagaman ada di seluruh dunia. Sayangnya, terkadang negara-negara tidak dapat saling berbicara satu sama lain atau bahkan duduk di ruang yang sama.

"Pesan ini semakin penting dewasa ini mengingat perdamaian dunia kini terancam. Saya tekankan anak muda memiliki peran penting, lagi dan lagi. Yang menarik, anak muda memiliki lebih banyak hari esok daripada hari kemarin," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Anies menceritakan soal Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Pada peristiwa ini, anak muda dari berbagai daerah berkumpul dan menghasilkan sebuah deklarasi bahwa kita berbangsa satu, menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Baca juga: Dukung Kreatiitas Anak 'SCBD', MRT Jakarta Imbau Tetap Jaga Kebersihan Fasilitas

Dalam sesi konferensi pers usai memberikan sambutan, Anies mengatakan pihaknya siap mendukung Communiqué, sebuah rekomendasi kebijakan yang akan dihasilkan di akhir KTT Y20. Anies pun juga mengingatkan untuk jangan pernah menyepelekan Communiqué.

“Mungkin hari ini terlihat seperti hanya dokumen semata. Tetapi mereka membuat sejarah. Biarkan sejarah yang berbicara. Nanti dokumen inilah yang akan mengubah perjalanan umat manusia ke depan. Karena yang berkumpul adalah lintas bangsa,” jelas Anies.

Di jamuan makan malam, Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Budy Sugandi mengatakan Communiqué ini akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemegang Presidensi G20. Dirinya berharap komunikasi dan kerja antara delegasi Y20 tidak berakhir di KTT ini. Menurutnya, hal yang terpenting adalah bagaimana mendorong dan melaksanakan hasil dari Communiqué setidaknya di masing-masing negara.

“Presiden Soekarno pernah berkata beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan saya 10 pemuda, niscaya kuguncang dunia. Di ruangan ini, ada lebih dari 100 pemuda, sehingga tak ada yang tak mungkin jika kita bersatu dan bergandeng tangan, kita bisa membuat masa depan lebih baik,” tutup Budy. (R-3)

Baca Juga

Antara

40,5 Juta Masyarakat Sudah Divaksinasi Booster

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:37 WIB
Sebanyak 6.178.179 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 8.423.560 petugas...
MI/ Tri Subarkah

Sinar Mas Agribusiness and Food Ajak Masyarakat Garap Kebun Belakang Rumah

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:27 WIB
Ia berharap proyek Safe Water Garden (SWG) bisa meningkatkan pendapatan dan kesehatan...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Bantu Penyandang Disabilitas, Lansia, Yatim Piatu

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:39 WIB
Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan uang tunai, pangan, dan alat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya