Sabtu 16 Juli 2022, 21:44 WIB

LLDIKTI III dan PTS Sepakati Kontrak Hibah Senilai Rp44,4 Miliar

Mediaindonesia.com | Humaniora
LLDIKTI III dan PTS Sepakati Kontrak Hibah Senilai Rp44,4 Miliar

MI/ HO
Penekenan kontrak hibah antara LLDIKTI III dan PTS

 

LEMBAGA Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III mendorong perguruan tinggi swasta di Jakarta turut memanfaatkan dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi periode 2022 ini. 

Tahun ini PTS di Jakarta melalui LLDIKTI Wilayah III mendapatkan pendanaan yang bersumber dari Ditjen Dijtiristek dan Ditjen Diksi. 

Sejumlah judul penelitian dan abdimas tahap pertama yang berhasil tembus didanai pada tahun ini sebanyak 474 Judul Penelitian dan 43 Judul Abdimas.

“Pada tahun ini sebanyak Rp44,4 miliar didapatkan dari Ditjen Diktiristek dan Rp651 juta didapatkan dari Ditjen Diksi untuk program penelitian dan abdimas 2022 tahap pertama bagi PTS di LLDIKTI Wilayah III Jakarta. Serta skema terbanyak adalah 120 Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP), 95 Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) serta 80 Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)," ujar Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Paristiyanti Nurwardani lewat keterangannya, Sabtu (16/7).

Salah satu bentuk tansformasi pendidikan tinggi adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini bertujuanh meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia usaha, industri dan kerja di tingkat nasional dan global pada era digital dan industri 4.0.

Paristiyanti menambahkan, kebijakan tersebut dikawal melalui regulasi yakni SN Dikti dan 8 IKU yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi.

"Yakni, lulusan mendapat pekerjaan layak, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus melalui magang, proyek desa, berwirausaha, kemudian dosen berkegiatan di luar kampus dengan mencari pengalaman industri," jelas Paristiyanti.

Kemudian, sambung dia, praktisi industri mengajar di kampus, hasil kerja dosen dapat digunakan masyarakat dan mendapatkan rekognisi internasional. Kemudian, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia

"Kelas yang kolaboratif dan partisipatif berbasis proyek dan program studi berstandar internasional," tandasnya.

Penandatanganan kontrak ini, jelas 
Paristiyanti, mencerminkan komitmen perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tingginya seperti amanat UU No.12/2022 tentang perguruan tinggi.

“LLDIKTI Wilayah III yakin seluruh program yang sudah ditandatangani dapat dilaksanakan dengan baik serta mencapai target luaran yang di targetkan serta dapat di pertanggungjawabkan penggunaan dananya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," pungkas Paristiyanti. (OL-8)

Baca Juga

Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...
ANTARA /Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Dukung Petani dan Nelayan Antisipasi Cuaca Ekstrem

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan BMKG adalah dengan membuat sekolah lapang sebagai platform yang didesain untuk memfasilitasi literasi...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya