Selasa 28 Juni 2022, 16:19 WIB

Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Tempat Wisata dari Menparekraf

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Tempat Wisata dari Menparekraf

Antara
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan arung jeram di desa wisata wilayah Sumatera Utara.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan rekomendasi destinasi wisata yang dapat dikunjungi para pelajar yang di masa libur sekolah. Tepatnya, setelah berakhirnya semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Menurut Sandiaga, libur sekolah menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata di Indonesia bersama keluarga. Selain destinasi wisata di Puncak, Jawa Barat, yang selalu menjadi favorit, masyarakat dapat menjajal destinasi unggulan lainnya.

“Berdasarkan data yang kita terima, ada Bali dan destinasi lainnya. Karena populasi Indonesia banyak di Pulau Jawa, berlibur sekolah bisa ke sana," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (28/6).

Baca juga: Pengunjung Taman Nasional Komodo Bakal Dibatasi

Untuk warga yang tinggal di Pulau Jawa dan hendak ke Bali, Sandiaga menganjurkan bisa berkendaraan darat untuk menyikapi harga pesawat yang mahal. Bagi warga Jabodetabek, lanjut dia, para pelajar bisa mengunjungi tiga destinasi andalan.

Rinciannya, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, serta Taman Margasatwa Ragunan. Kemudian, di sekitar Jawa Barat bisa mengunjungi Kota Bandung, yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik.

Kabupaten Pangandaran, yang memiliki sejumlah objek pemandangan alam, seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon dan Pantai Batu Hiu. Kabupaten Garut juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan, seperti Kawasan Wisata Cipanas dan Pantai Santolo.

"Bagi yang berada di Jawa Timur, Bromo tentunya sangat diminati para wisatawan. Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur dan Desa Wisata Dieng Kulon," jelas Sandiaga.

Baca juga: Maskapai Penerbangan Siap Sambut Lonjakan Penumpang Libur Sekolah

Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021, yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO).

Untuk pelajar di kawasan Sumatera, Desa Wisata Hilisimaetano di Nias Selatan, bisa menjadi pilihan untuk pelajar memperdalam pengetahuan budaya. Sebab, desa adat tersebut masih menjaga nilai leluhurnya.

"Ada juga destinasi super prioritas lainnya yang tidak kalah indah, yaitu Mandalika, Sumbawa dan Likupang," katanya.

Tidak kalah penting, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat yang akan berlibur pada momentum libur sekolah, tetap menjaga kewaspadaan terhadap pandemi covid-19.(OL-11)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

PB IDI Dukung Regulasi Pelabelan Bisfenol A (BPA) pada Kemasan Plastik  

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:45 WIB
“Selama ini, masyarakat hanya menyoroti pengaruh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi terhadap kesehatan, namun mengabaikan...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya