Selasa 24 Mei 2022, 20:32 WIB

Untar Entrepreneur Week: Menjalankan MBKM dengan Kolaborasi Menghasilkan Inovasi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Untar Entrepreneur Week: Menjalankan MBKM dengan Kolaborasi Menghasilkan Inovasi

MI/ HO
Seizing Opportunities in The Multiverse Era, Entrepreneur Week ke-18 Untar

 

FAKULTAS Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (FEB Untar) menyuguhkan acara Entrepreneur Week (EW) setiap tahunnya, untuk melatih mahasiswa menjadi seorang entrepreneur handal. 

Bertemakan Seizing Opportunities in The Multiverse Era, Entrepreneur Week ke-18 secara resmi dibuka oleh Rektor Untar Agustinus Purna Irawan bersama Dekan FEB Sawidji Widoatmodjo, Senin (23/5). 

Melalui sambutannya, Agustinus menilai kegiatan ini sangat positif karena dapat mencetak entrepreneur sebagai salah satu penggerak perekomomian antara lain melalui kepemilikan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Kami berharap hasil karya berupa produk atau jasa yang akan dipamerkan mahasiswa, ke depannya akan terwujud menjadi bisnis yang nanti dapat membantu perekonomian nasional,” ujarnya.  

Ia menambahkan, institusi pendidikan tinggi seyogianya tidak hanya berfokus pada sisi intelektual mahasiswa, tetapi juga harus memiliki kemampuan berbisnis dengan terus berinovasi. 

"Entrepreneur harus mampu berpikir melampaui batas atau visioner, bergerak maju, memiliki values positif, menghasilkan pemikiran cerdas sehingga bisa menapak lebih jauh dan mampu bersaing secara kompetitif," tandasnya.

Sawidji mengatakan, inovasi tidak akan berhasil menjadi produk tanpa adanya entrepreneur. “Kolaborasi sangat diperlukan untuk melahirkan banyak entrepreneur muda, salah satunya Michael Irawan (alumni FEB Untar) yang telah sukses menjadi fashion designer ternama," imbuhnya.

Ia pun berharap mahasiswa FEB Untar mampu memberikan gagasan produk baru yang bisa dinikmati masyarakat luas. Pasalnya, memupuk mahasiswa memiliki kemampuan berwirausaha menjadi salah satu program MBKM. Program ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa.  

Belajar melalui kegiatan EW akan membentuk mahasiswa berani mengambil keputusan untuk menjadi wirausaha mandiri. 

Acara yang merupakan kolaborasi antara prodi S1 Manajemen, Design Interior, dan Teknik Informatika, diiikuti oleh 30 kelompok, bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan kerja tim antar prodi. 

Kerja tim yang berisi dari mahasiswa berbagai prodi, harus dapat dimanfaatkan untuk saling mengisi. Skill yang dimiliki masing-masing mahasiswa sesuai bidang ilmunya dapat menghasilkan suatu produk atau jasa yang lebih bernilai jual. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...
ANTARA/NOVRIAN ARBI

KKHI Laporkan Enam Calhaj Meninggal di Daker Mekkah

👤Humaniora 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:10 WIB
Sebagian besar calon haji yang meninggal diakibatkan penyakit...
ANTARA/JOJON

BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 07:49 WIB
Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian barat, perairan selatan Jawa, Laut Banda, dan Laut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya