Jumat 20 Mei 2022, 21:43 WIB

Keris Dinilai Layak Jadi Warisan Agung Budaya Dunia

Mediaindonesia.coom | Humaniora
Keris Dinilai Layak Jadi Warisan Agung Budaya Dunia

Antara/Andreas Fitri Atmoko
Ilustrasi keris

 

KETUA Umum Sekretaris Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) terpilih 2022-2027 Fadli Zon menyatakan keris yang merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia yang sangat pantas menjadi warisan agung budaya dunia.

Saat menyampaikan pidato dalam Kongres III SNKI di Bogor, Jawa Barat, Jumat, dia mengatakan ke depan SNKI ingin bertransformasi agar keris bisa semakin banyak diterima masyarakat Indonesia.

"Untuk itu kita akan menggiatkan kembali pameran, bursa keris, penerbitan buku, serta melakukan edukasi baik di dalam dan luar negeri," ujarnya dalam kongres secara daring yang dipantau dari Jakarta.

Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR itu secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum SNKI 2022-2027 setelah sebelumnya memegang jabatan yang sama untuk periode 2017-2022.

Menurut dia, formatur kepengurusan SNKI ke depan akan memasukkan para ahli perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia karena dalam dunia perkerisan setiap daerah memiliki keunikan masing-masing.

Baca juga : Menkominfo Lantik 7 Anggota Komisi Informasi Pusat 2022-2026

"Pengurus yang akan datang mewakili unsur daerah, ahli serta memiliki latar belakang keahlian (perkerisan)," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ke depan pihaknya ingin lebih banyak menarik generasi muda serta kalangan perempuan dalam pengurusan SNKI karena selama ini terkesan dunia perkerisan didominasi oleh kaum pria.

"Mengurus perkerisan, bagi saya merupakan kegiatan relaksasi, sebuah pembelajaran, sebuah edukasi karena bisa mendapat banyak ilmu. Saya terima amanah untuk 2022-2027, mudah-mudahan 2027 ada pengurus baru dari generasi muda. Saat ini saya yang terakhir sudah cukup," ujarnya.

Dia menambahkan program yang dilakukan SNKI merupakan bagian untuk menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia, dan ke depan akan bersinergi serta memperluas SNKI di seluruh Indonesia sehingga semakin banyak yang menghargai keris Indonesia. (Ant/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/HO.MCH2022

Calon Haji Bervisa tidak Resmi Dipulangkan ke Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 04:15 WIB
Sejumlah jamaah mengaku telah mengeluarkan biaya antara Rp200 juta hingga Rp300 juta agar bisa berangkat haji dengan jalur tanpa antre...
 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya