Jumat 06 Mei 2022, 22:05 WIB

Ini Aturan One Way di Jalan Tol Jalur Pantura 6-8 Mei

Widhoroso | Humaniora
Ini Aturan One Way di Jalan Tol Jalur Pantura 6-8 Mei

DOK Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy (tiga kanan)

 

MENTERI Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5).

"Kami melakukan kunjungan ke Pekalongan untuk meninjau pergerakan yg ada di jalur Pantura. Kita lihat di pantura relatif lancar. Alhamdulillah, ini merupakan suatu ikhtiar kita bersama," ujar Menko PMK.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK mengatakan, pemerintah telah menyiapkan beberapa hal untuk mengantisipasi pergerakan puncak arus balik mudik lebaran di jalur Pantura yang diprediksi akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022 mendatang.

"Salah satunya itu penerapan one way. Maka dari itu masyarakat yang akan pulang dari kampung halaman diharapkan tidak menunggu puncak arus mudik. Agar perjalanan terasa lebih nyaman sampai ke kediaman masing-masing," kata Muhadjir.

Seperti diinfokan sebelumnya, sistem one way arus balik GT Kalikangkung ke KM 47 diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB Jumat (6/5). One way diberlakukan hingga Minggu (8/5).

Sedangkan Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, saat penerapan one way, para Kapolres dan pemilik kewenangan diharapkan merespon dan bertindak sesuai arahan Kakorlantas.

"Diantaranya ada dua, yakni pada saat one way itu load-nya luar biasa maka jalan dari Pekalongan ini tidak boleh masuk jalan tol. Atau sebaliknya apabila jalan one way di jalan tol itu padat karena suatu hal maka mereka yang ikut dalam one way itu dikeluarkan di beberapa kota di sekitaran one way diantaranya Pekalongan," jelas Menhub.

Karena itu sosialisasi perlu disampaikan kepada Wali Kota, Dandim dan Kapolres di masing-masing kabupaten/kota sepanjang jalur Pantura agar masyarakat sadar bahwa ada tindakan yang akan dilakukan secara force majeure jika sesuatu terjadi.

"Mudah-Mudahan ini tidak terjadi sehingga keluar masuk tol Pekalongan bisa berjalan lancar. Harapan kita, koordinasi antara Kakorlantas, Kapolda dan Kapolres berjalan baik jadi cara bertindaknya yang ditetapkan Kapolri itu diketahui kota-kota disepanjang jalan tol," tambah Menhub.

Pemudik juga dihimbau untuk tertib terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku, mengikuti pola rekayasa, dan melaksanakan instruksi petugas di lapangan. Apabila menemui kendala dalam perjalanan balik, masyarakat juga dihimbau untuk tidak segan-segan meminta bantuan ke pos pengamanan atau pos pelayanan dari kepolisian.

Baca Juga

AFP/Denis Charlet

Berinteraksi di Ruang Digital Perlu Etika

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 17:13 WIB
Dengan keragaman karakter, budaya, negara, serta unsur lain tentu bermedia digital memerlukan...
DOK Pribadi.

Sejarah Tiongkok dengan Malaka Inspirasi Menu Gaya Peranakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:35 WIB
Hidangan-hidangan baru tersebut termasuk makanan ringan, seperti Salted Egg Spring Roll dan Crispy Combo Platter, Sup Penang...
MI/Ramdani

Literasi Digital Indonesia Perlu Masuk Kurikulum Pendidikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:11 WIB
Indeks literasi digital Indonesia berada di angka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya