Selasa 03 Mei 2022, 22:50 WIB

Tol Semarang-Jakarta dan Bakauheni-Merak Berpotensi Alami Lonjakan Arus Balik

Fachri Audhia Hafiez | Humaniora
Tol Semarang-Jakarta dan Bakauheni-Merak Berpotensi Alami Lonjakan Arus Balik

Antara
Kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut dua titik potensial kepadatan arus mudik Lebaran 2022. Masyarakat diharapkan mewaspadai titik potensial tersebut.

"Titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu, tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak," kata Budi melalui keterangan tertulis (3/5)

Budi juga mendorong masyarakat selalu mengupdate informasi terkini terkait jalur tol arus balik dari media sosial. Sehingga, dapat mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan.

"Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur, dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan dengan baik," ujar Budi.

Sedangkan, guna mencegah kepadatan di Bakauheuni-Merak pihaknya juga telah menyiapkan dermaga tambahan guna menekan kepadatan kendaraan. Salah satunya, Pelabuhan Panjang di Lampung yang akan dimanfaatkan untuk kendaraan besar seperti, truk pengangkut barang.

Lebih lanjut, Budi berharap masyarakat mengikuti imbauan pemerintah tersebut. Termasuk, tak melakukan perjalanan saat puncak arus balik pada 6-8 Mei 2022.

"Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

AFP/CRISTIAN NISTOR

Orangtua Berperan Besar Bantu Anak Pahami Cara Bersosialisasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:45 WIB
"Ketika anak melihat ayah dan ibu bekerja sama sebagai pasangan, itu contoh sosialisasi yang luar biasa bagi...
eeyuva

Mencegah Stunting dengan Pelajari Asupan Gizi

👤Yakub Pryatama W 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:54 WIB
Melalui gadget dan internet, orangtua dapat dengan mudah mendapatkan informasi nilai gizi bahan pangan, sehingga bisa mengukur asupan gizi...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

2 Bibit Siklon Tropis Tumbuh di Utara Indonesia, Begini Dampaknya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:48 WIB
"Keberadaan 2 bibit siklon tropis di utara Indonesia tersebut secara umum hanya berdampak cukup signifikan terhadap kondisi gelombang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya