Selasa 26 April 2022, 21:21 WIB

Antisipasi Kemacetan, Polres Cimahi Siapkan Skema Rekaayasa Lalu Lintas

Depi Gunawan | Humaniora
Antisipasi Kemacetan, Polres Cimahi Siapkan Skema Rekaayasa Lalu Lintas

ANTARA
Ilustrasi

 

POLRES Cimahi, Jawa Barat, menyiapkan strategi untuk mencegah penumpukan kendaraan dan kemacetan pada arus mudik lebaran. Titik-titik yang diantisipasi saat musim mudik di antaranya sekitar Padalarang, simpang Cimareme dan Kota Cimahi.

Salah satu titik rawan adalah kawasan Ciburuy Padalarang, jika saat arus mudik terjadi kemacetan kendaraan dari arah Cianjur, maka strategi yang dilakukan pihak kepolisian adalah melaksanakan kanalisasi.

"Cara bertindak kanalisasi di Pasar Tagog Padalarang, jadi nanti akan memudahkan petugas melakukan penarikan kendaraan dari arah Cianjur," ungkap Kasat Lantas Polres Cimahi, Ajun Komisaris Sudirianto, Selasa (26/4).

Namun jika terjadi kemacetan parah hingga 6 kilometer dari arah Cipatat atau Cianjur, kepolisian akan mengalihkan arus kendaraan melalui Tagog Apu, kemudian keluar di Jalan Panaris lalu kendaraan roda empat akan diarahkan masuk Tol Padalarang.

Pihaknya memprediksi arus mudik lebaran yang melintasi Padalarang akan ramai setelah buka suara atau sahur. "Pantauan hari ini pemudik masih minim, tapi kemungkinan akan lebih ramai setelah warga berbuka puasa atau sahur," tuturnya.

Sedangkan untuk puncak arus mudik, Sudirianto melanjutkan, diprediksi akan terjadi pada 28 April mendatang. Oleh sebab itu untuk pengaturan arus lalu lintas harus disiapkan dari sekarang.

Lebih jauh pihaknya mengimbau masyarakat agar segera melaksanakan mudik dari sekarang agar tidak terjebak macet pada puncak arus mudik nanti. "Jika sudah punya waktu, silahkan mudik dari sekarang. Imbauan ini agar masyarakat terhindar dari penumpukan kendaraaaan saat diperjalanan menuju kampung halaman," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

AFP

Pemerintah Susun Instrumen Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 1444 H

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 01:00 WIB
Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Jemaah Haji mengacu pada Standar Pelayanan Minimal...
Antara

RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Upaya Memanusiakan Manusia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
PRAKTIK perbudakan rupanya masih berlangsung di Indonesia seperti ditampakkan dari para pekerja rumah tangga (PRT) yang belum mendapatkan...
Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya