Senin 25 April 2022, 14:50 WIB

Kloter Pertama Haji Berangkat 4 Juni, Menag Minta Persiapan Dipercepat

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kloter Pertama Haji Berangkat 4 Juni, Menag Minta Persiapan Dipercepat

AFP
Ilustrasi

 

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, kloter pertama haji Indonesia akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022 mendatang. Semua pihak diminta bekerja lebih cepat dan cermat.

"Saya tidak mau ada yang santai-santai, sebanyak apapun pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan ibadah haji,” kata Yaqut dalam keterangannya, Senin (25/4).

Indonesia berencana memberangkatkan 100.051 jemaah haji dan seribuan petugas pada penyelenggaraan haji tahun 1443H/2022M. Menag menegaskan kecepatan dan kecermatan dalam persiapan penyelenggaraan haji harus dilakukan, mengingat ini adalah kali pertama Indonesia memberangkatkan jemaah haji pada masa pandemi.

“Karena haji kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejak beberapa hari lalu kita sudah bersusah payah untuk mendapatkan kuota haji, kali ini kita harus bersusah payah agar pelaksanaan haji bisa berjalan dengan baik dan lancar,” kata dia.

Pada musim haji tahun ini, biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah haji disepakati sebesar Rp39.886.009. Biaya sebesar itu, terang Menag, meliputi biaya penerbangan, sebagian biaya akomodasi di Makkah dan Madinah, biaya hidup (living cost), dan biaya visa.

Ia menjelaskan, Bipih merupakan salah satu komponen dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Komponen lain dari BPIH adalah biaya protokol kesehatan. Tahun ini disepakati biayanya senilai Rp808.618,80 per jemaah.

Sedangkan, komponen ketiga dari BPIH adalah biaya yang bersumber dari nilai manfaat keuangan haji yang disepakati sebesar Rp41.053.216,24 per jemaah. Jadi total BPIH tahun ini disepakati sebesar Rp81.747.844,04 per jemaah. (H-2)

 

Baca Juga

MI

Kemenkes : Ganja Medis Hanya untuk Riset, Tidak Perlu Revisi UU

👤 M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:30 WIB
Regulasi pemanfaatan tanaman ganja medis hanya untuk riset dan bukan untuk konsumsi masyarakat. Karena itu, tidak perlu mengubah...
Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Minta Kampus Ikut Tangani Wabah PMK

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:58 WIB
"Saya imbau terutama untuk perguruan tinggi yang punya fakultas kedokteran hewan dan peternakan untuk segera mengerahkan dosen dan...
Dok. LDII

Ketum LDII Ingatkan Penghinaan Terhadap Agama Apapun tak bisa dibenarkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:02 WIB
“Kita bisa bercanda mengenai apa saja di alam demokrasi ini, tapi persoalan agama bukan hal bisa dibuat bercanda. Pertama itu adalah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya