Jumat 18 Maret 2022, 08:40 WIB

Kebun Raya Cibodas Kembali Gelar Wisata Edukasi bagi Anak Usia Dini

Faustinus Nua | Humaniora
Kebun Raya Cibodas Kembali Gelar Wisata Edukasi bagi Anak Usia Dini

Dok. cianjurkab.go.id
Kebun Raya Cibodas kembali menggelar wisata edukasi bagi anak usia dini.

 

KEBUN Raya Cibodas kembali menggelar wisata edukasi bagi anak usia dini setelah sekian lama vakum akibat pandemi covid-19. Dengan tema Bekal Kaya, kebun raya di bawah BRIN tersebut menargetkan 500 anak TKK bisa menadapat manfaat dalam kegiatan sepekan itu.

"Sebetulnya ini kegiatan rutin kebun raya, hanya karean pandemi semua sempat terhenti. Sekarang baru kita mulai lagi sekaligus ini dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke 170 tahun Kebun Raya Cibodas 11 April nanti," ujar Kepala Kebun Raya Cibodas Fitri Kurniawati dalam keterangannya, Jumat (18/3).

Fitri menekankan pentingnya edukasi terkait lingkungan pada anak usia dini. Anak-anak perlu mendapat pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kecintaan mereka pada lingkungan. Sebab, isu lingkungan saat ini memang tidak bisa disepelekan dan harus dimulai dengan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan sejak usia dini.

Baca jugaYayasan Sehjira Memberdayakan Disabilitas Rungu

"Kalau untuk anak TK, SD lebih untuk aware terhadap tumbuhan. Yang kita sajikan adalah pengenalan tumbuhan-tumbuhan yang menarik. Misalnya biji dengan bentuk dan warna yang unik-unik. Terus juga bentuk daun atau warna yang unik untuk men-trigger antusias mereka mengenal tumbuhan," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk jenjang pendidikan yang lain. Menurut, Fitri, meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan harus dilakukan secara simultan.

Lantas, Kebun Raya Cibodas menyediakan materi pengenalan lingkungan yang berbeda untuk setiap jenjang pendidikan. Bahkan untuk mahasiswa bisa belajar langsung bersama para peneliti BRIN di Cibodas.

"Untuk tingkat ke atas kami lebih menyesuaikan dengan kurikulum," kata dia.

Dalam sepekan terakhir, lebih dari 500 anak dari 10 TKK di sekitar Kebun Raya Cibodas sudah mengikuti kegiatan tersebut. Pihaknya baru menyasar sekolah-sekolah terdekat mengingat situasi pandemi masih perlu sikap waspada.

"Harapannya, dengan adanya kegiatan ini kami lebih semangat mengedukasi anak-anak usia dini mengenal, mencintai lingkungan sehingga dewasa nanti ada kepedulian terhadap lingkungan. Jadi semangatnya itu menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan," tandasnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menkes: 81% Kasus Positif Covid-19 Subvarian BA.4 dan BA.5

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Budi Gunadi menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers seusai menghadiri rapat terbatas dengan agenda evaluasi Pemberlakuan Pembatasan...
MI/Andri Widiyanto

Presiden Instruksikan Menkes Percepat Vaksinasi Booster

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:47 WIB
Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI dan Kepala BNPB melakukan akselerasi vaksinasi terutama...
Antara

Dirjen GTK Tekankan Pentingnya Asesmen dalam Kurikulum Merdeka

👤Faustinus Nua 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:45 WIB
SEJUMLAH guru merasakan sejumlah manfaat melakukan asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi sebagai bagian implementasi Kurikulum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya