Kamis 10 Maret 2022, 22:10 WIB

Baru 80% Penduduk Miliki Antibodi Covid-19, Herd Immunity Terus Dikejar

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Baru 80% Penduduk Miliki Antibodi Covid-19, Herd Immunity Terus Dikejar

CDC
Penampakan virus korona.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah merampungkan hasil sero survei antibodi covid-19 dan menemukan bahwa baru 80% penduduk Indonesia yang sudah memiliki antibodi. Pemerintah mengejar vaksinasi untuk dapat memenuhi target kekebalan kelompok sebesar 70%.

"Data menunjukkan antibodi sudah pada 80% di masyarakat tapi untuk kekebalan kelompok kan dari jumlah sasaran belum sampai 70%," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., saat dihubungi, Kamis (10/3).

Ia menegaskan, herd immunity dapat dicapai dari vaksinasi. Hingga 9 Maret 2022, Kemenkes mencatat jumlah vaksinasi dosis 2 sudah disuntikan kepada 148 juta penduduk dan vaksinasi dosis 3 baru 13,1 juta penduduk padahal target vaksinasi nasional harus disuntikan kepada 208,2 juta penduduk Indonesia.

"Kalau herd immunity kan minimal cakupan vaksinasi 70% dari populasi penduduk Indonesia dan saat ini kita belum mencapainya," ucapnya.

Menurut Nadia, saat ini Kemenkes fokus mengejar capaian vaksinasi lengkap hingga 70% di masyarakat. Berbagai relaksasi protokol kesehatan dan aktivitas masyarakat di masa pandemi sudah dilakukan sehingga diharapkan masyarakat juga antusias mengikuti program vaksinasi terutama booster. (H-2)

Baca Juga

DOK.MI/Youtube

Satgas PMK Dibentuk agar Virus tidak Meluas dan Berdampak pada Ekonomi Nasional

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 21:25 WIB
Pembentukan Satgas PMK sebagai tindak lanjut amanat Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan permasalahan PMK yang kembali merebak di...
MI/SUSANTO

Jemaah Haji Indonesia Diimbau tidak Buang Sampah Sembarangan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 20:40 WIB
Menurut Khanif, kebersihan lingkungan seputar hotel juga harus dijaga bersama demi kesehatan...
indianexpress.com

Kebebasan Berekspresi saat Bermedia Digital Jangan Kebablasan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 20:25 WIB
Dalam dunia digital setiap orang berinteraksi dengan berbagai macam latar belakang budaya. Dengan perbedaan itu, interaksi antar pengguna...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya