Sabtu 05 Maret 2022, 09:15 WIB

Guru akan Diwajibkan Miliki Kualifikasi Akademik Pendidikan Profesi

Faustinus Nua | Humaniora
Guru akan Diwajibkan Miliki Kualifikasi Akademik Pendidikan Profesi

Antara
Ilustrasi

 

RANCANGAN Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang tengah dirancang baru memasuki tahap awal atau perencanaan. Kemendikbudristek masih menjaring banyak masukan dari berbagai pihak sebelum mengeluarkan draf resminya.

Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo menyampaikan bahwa ada beberapa perubahan mendasar yang akan ditawarkan dalam RUU ini. Salah satunya adalah terkait kategori pendidik di berbagai jenjang pendidikan yang disederhanakan menjadi 3 yakni guru, dosen dan instruktur.

"Banyak kategori pendidik yang menjalankan tugas seperti guru namun tidak diakui sebagai guru contohnya konselor, pamong belajar, Widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator. Ke depannya dengan penyederhanaan dapat diakui menjadi guru," ujarnya dalam Silaturahmi bersama Media Indonesia, Jumat (4/3).

Nino mengatakan bila UU saat ini menetapkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik S1/D-IV, RUU nanti menawarkan yang lebih sederhana. Kualifikasi akademik S1 diganti dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Wajid S1 diganti dengan PPG bagi orang yang akan berprofesi sebagai guru. Akan ada pemutihan bagi guru yang sudah mengajar saat UU terbit," imbuhnya.

Dengan demikian, lanjutnya, semua pendidik bisa diakomodir dalam regulasi atau diakui oleh negara. Bahkan mereka bisa menerima tunjangan atas pengabdian mereka tersebut. (H-2)

 

Baca Juga

Antara

Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 1.831 Orang

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:40 WIB
Sedangkan, untuk kasus aktif bertambah 754 sehingga menjadi 13.968...
Antara

Ibu Hamil dan Menyusui Harus Berhati-Hati dalam Memilih Skincare

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:24 WIB
Penggunaan bahan tertentu pada produk skincare, tidak langsung terdeteksi melalui USG dan dikhawatirkan mengganggu perkembangan otak...
Antara

Menkes: Berantas Narkoba, Wujudkan Generasi Unggul

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:10 WIB
Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, yang berperan penting dalam program pembangunan negara. Pada 2030, Indonesia akan mencapai bonus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya