Selasa 08 Februari 2022, 20:20 WIB

Isolasi Mandiri Potensial Kurangi Beban Rumah Sakit Hingga 70%

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Isolasi Mandiri Potensial Kurangi Beban Rumah Sakit Hingga 70%

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) terus menggencarkan imbauan pasien covid-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan untuk isolasi mandiri. Kebijakan tersebut diharapkan meringankan beban rumah sakit.

“Dengan mengimbau OTG dan bergejala ringan untuk isolasi mandiri dan isolasi terpusat, bisa mengurangi hingga 70 persen beban rumah sakit,” kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Selasa, 8 Februari 2022.

Nadia mengatakan tingkat keterisian tempat tidur (BOR) covid-19 nasional mencapai 23,86 persen per Selasa, 8 Februari 2022. Angka itu berkurang dari kemarin yang mencapai 24,77 persen.

“Ini memberikan harapan bahwa kita bisa terus meringankan beban rumah sakit dan tenaga kesehatan,” papar dia.

Nadia mengutip data per Minggu,6 Februari 2022. Sebanyak 58 pasien bergejala berat dirawat di rumah sakit vertikal Kemenkes dan 60 persen di antaranya belum divaksin lengkap.

Baca juga: Prokes Perayaan Hari Pers Nasional Tetap Ketat

Sementara itu, 356 orang meninggal dengan 42 persen di antaranya memiliki penyakit penyerta. Sedangkan 44 persen dari korban jiwa adalah lanjut usia. Sebanyak 69 persen di antaranya belum divaksin lengkap.

“Data tersebut menunjukkan sangat efektif bila pelayanan di rumah sakit difokuskan merawat pasien dengan kondisi yang paling membutuhkan,” jelas Nadia.

Nadia menyebut inisiatif OTG dan pasien bergejala ringan untuk isolasi mandiri sangat berarti bagi pasien lainnya. Supaya pasien kritis bisa tertangani dengan baik.

“Maka rasio kematian akan bisa ditekan seminimal mungkin,” tutur dia.(OL-4)

Baca Juga

Dok. Depo Bangunan

Salurkan 2.000 Bingkisan, Depo Bangunan Berbagi di HUT ke-77 Republik Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:35 WIB
Direktur Utama Depo Bangunan Kam Kettin mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kebersamaan dalam rangka bangkit bersama serta pulih lebih...
MI/Selamat Saragih

Pimpin Upacara Kemerdekaan, Andi Salman Sedot Perhatian Peserta Jamnas XI Cububur

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:17 WIB
SEKITAR 10.000 orang peserta Pramuka Penggalang dari Kwarda seluruh Indonesia mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke XI dilaksanakan sejak...
DOK Lanal Banten

Lanal Banten Gelar Berbagai Kegiatan Meriahkan HUT Ke-77 RI

👤Widhoroso 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:55 WIB
Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah Laut Pulau Sangiang, Rabu (17/8). Pengibaran bendera ini dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya