Rabu 08 Desember 2021, 21:52 WIB

Pfizer/BioNTech Klaim Tiga Dosis Efektif Lawan Omicron

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pfizer/BioNTech Klaim Tiga Dosis Efektif Lawan Omicron

AFP/Rodger Bosch.
Vaksin Pfizer-BioNTech.

 

DUA dosis vaksin virus korona BioNTech dan Pfizer mungkin tidak cukup untuk melindungi dari varian Omicron, perusahaan memperingatkan itu pada Rabu (8/12). Akan tetapi, ia menekankan vaksin masih efektif setelah suntikan ketiga.

Omicron telah menyebabkan kekhawatiran global atas tanda-tanda bahwa ia dapat menularkan lebih cepat daripada varian sebelumnya dan ketakutan bahwa mutasi gandanya dapat membantunya menghindari pertahanan kekebalan yang disediakan oleh vaksin. Belum ada kematian yang dikaitkan dengan varian tersebut.

Dalam hasil awal yang diterbitkan pada Rabu, Pfizer dan BioNTech mengatakan vaksin mereka masih efektif dalam mencegah covid-19, juga terhadap Omicron, jika telah diberikan tiga kali. Akan tetapi mereka memperingatkan bahwa varian Omicron mungkin tidak cukup dinetralkan setelah dua dosis.

Menurut penelitian laboratorium awal menggunakan serum darah dari orang yang divaksinasi, dosis ketiga booster menghasilkan sekitar tingkat antibodi yang sama terhadap Omicron seperti yang terlihat setelah dosis kedua dengan varian lain.

Sampel darah dari orang-orang yang telah menerima dua dosis vaksin saat ini menunjukkan rata-rata pengurangan 25 kali lipat dalam antibodi penetralisasi dibandingkan dengan jenis virus awal, kata perusahaan itu.

Namun mereka menambahkan bahwa bagian lain dari respons imun--dari sel T--mungkin masih efektif melawan varian tersebut. Mereka menambahkan bahwa individu yang divaksinasi mungkin masih terlindungi dari bentuk penyakit yang parah.

Hasil mereka belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Perusahaan mengatakan bahwa versi khusus Omicron dari vaksin anticoronavirus, yang saat ini sedang dikembangkan oleh BioNTech, akan tersedia pada Maret.

Baca juga: WHO belum Terima Laporan Kematian akibat Omicron

"Meskipun dua dosis vaksin mungkin masih menawarkan perlindungan terhadap penyakit parah yang disebabkan oleh jenis Omicron, jelas dari data awal ini bahwa perlindungan ditingkatkan dengan dosis ketiga dari vaksin kami," kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla dalam suatu pernyataan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Ini Alasan Kemendikbudristek Kukuh Pertahankan PTM Meski Kasus Omikron Meningkat 

👤Faustinus Nua 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:40 WIB
"PTM sangat urgen, kita sudah menutup sekolah hampir dua tahun dan selama waktu tersebut banyak kejadian luar biasa diantaranya...
Dok. Pribadi

Alat Masak Berkualitas Ikut Tentukan Kelezatan Makanan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:37 WIB
Dilansir dari healthline, alat masak seperti panci dan wajan yang tidak berkualitas bisa jadi sampah menumpuk karena orang-orang tidak akan...
Ist

Hari Pendidikan Internasional, LSM di Indonesia Dorong Menu Berbasis Nabati

👤Eni Kartinah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:12 WIB
Sinergia Animal ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa  sejalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya