Selasa 07 Desember 2021, 19:25 WIB

Lintasarta Perluas Jangkauan Fiber Optik di 36 kota

Mediaindonesia.com | Humaniora
Lintasarta Perluas Jangkauan Fiber Optik di 36 kota

Antara
Ilustrasi fiber optik

 

GUNA mendukung kebutuhan layanan data di Indonesia dengan karakter negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas Lintasarta memperluas coverage fiber optic (FO) pada tahun ini. 

Direktur Delivery and Operation Lintasarta Zulfi Hadi mengatakan, kehadiran fiber optic tersebut berdampak pada peningkatan layanan Lintasarta yang lebih prima. Hal ini merupakan dedikasi Lintasarta untuk secara konsisten menyediakan jaringan telekomunikasi yang berkualitas dan dapat diandalkan oleh pelanggan. 

"Lintasarta akan terus melakukan ekspansi salah satunya dengan meningkatkan penetrasi jaringan  FO lebih luas di wilayah Indonesia. Kehadiran FO tersebut tentu akan berdampak pada layanan yang yang lebih prima yang bisa diberikan oleh Lintasarta kepada pelanggan” kata Zulfi dalam keterangan resminya, Selasa (7/12).

Sepanjang 2021, Lintasarta melakukan perluasan coverage fiber optic ke 36 kota/kabupaten. Salah satu yang dibangun tahun ini ialah FO yang menghubungkan Salatiga – Boyolali, sehingga fiber optic sepanjang Semarang hingga Solo telah mencapais sekitar 100 km. 

General Manager Infrastructure Solution Lintasarta Kurniawan Dwi Prasetyo mengungkapkan, pembangunan FO yang sudah dirampungkan Lintasarta saat ini telah mencapai 235 kota/kabupaten dengan panjang FO backbone lebih dari 7.000 km. "Karanganyar menjadi kota FO ke-235 yang selesai dibangun tahun ini,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Kurniawan menuturkan, perluasan jangkauan fiber optic tersebut diharapkan dapat membantu program pemerintah dalam pelaksanaan program transformasi digital dengan memberikan akses connectivity berkecepatan tinggi menggunakan fiber optic.

Kurniawan mengatakan, hal ini merupakan bagian dari solusi Lintasarta yang terintegrasi mulai dari connectivity hingga layanan IT services lainnya

"Bagi pelanggan hal ini dapat meningkatkan pelayanan yang Lintasarta berikan dengan memberikan jaringan kecepatan tinggi dan stabil, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan akan bandwith yang tinggi dengan semakin meningkatnya kebutuhan aplikasi di pelanggan di era digitalisasi,” imbuhnya. 

Kurniawan berharap, dengan perluasan coverage yang terus dilakukan, Lintasarta dapat memberikan dukungan yang lebih baik lagi bagi kelancaran bisnis pelanggan yang terdiri dari berbagai segment industri seperti government, finance, supply chain, dan lainnya melalui layanan yang lebih baik dan stabil. Menurutnya, Lintasarta akan terus meningkatkan komitmen dalam melakukan perluasan coverage FO, sehingga ke depannya dapat menghubungkan lebih banyak kota. (RO/OL-8)

Baca Juga

Dok. ITB

Dampak Perubahan Pantai terhadap Batas Laut Negara

👤Dr Eka Djunarsjah Kelompok Keahlian Hidrografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung 🕔Selasa 18 Januari 2022, 06:00 WIB
PENELITIAN ini merupakan studi lanjutan dari Kelompok Keahlian (KK) Hidrografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian...
Antara

Jadi Tuan Rumah Pertemuan PBB untuk Risiko Bencana di Bali, Indonesia Persiapkan Diri

👤Atalya Puspa 🕔Senin 17 Januari 2022, 22:00 WIB
Penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali pada Mei 2022  tinggal menghitung...
MI/Siswantini

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:40 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah merekrut dan melatih 1.827 orang untuk menjadi petugas lapangan kesehatan ibadah haji di Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya