Kamis 11 November 2021, 06:00 WIB

Menjadi Pahlawan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Menjadi Pahlawan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

DOK Sharp.
Tanggung jawab dan kesadaran setiap individu untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci menekan angka penularan.

 

KASUS positif covid-19 di Indonesia mengalami penurunan signifikan. Namun hal tersebut bukanlah penanda jika kondisi sudah kembali pulih dan aman. Masyarakat masih tetap harus waspada dengan selalu menjalankan protokol kesehatan (prokes). Tanggung jawab dan kesadaran dari setiap individu masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci untuk menekan angka penularan. 

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2021, Sharp Indonesia meluncurkan kampanye Lets Be A Hero sebagai ajakan bagi masyarakat untuk tetap waspada menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi demi melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar. "Kampanye ini merupakan wujud kepedulian Sharp Electronics Indonesia terhadap keadaan masyarakat Indonesia di masa pandemi," ungkap Shinji Teraoka selaku Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia. 

Aksi kepedulian yang dilakukan Sharp Indonesia di masa pandemi sejatinya diawali dengan melakukan pembagian masker KN95 kepada tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit rujukan dan paket sembako bagi masyarakat terdampak dari kalangan prasejahtera di awal kemunculan covid-19 pada Maret-Juli 2020. Di sepanjang 2020-2021, Sharp pun melaksanakan beragam kegiatan corporate social responsibility (CSR) sebagai bentuk kontribusinya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi. Contohnya, Sharp Berdikari sebagai program pendampingan bagi para pelaku UMKM, Sharp Mapan memfasilitasi para petani penggarap untuk melakukan pertanian mandiri, serta Sharp Pintarkan Indonesia mendonasikan ratusan smartphone dan notebook bagi pelajar dan tenaga pengajar di wilayah terpencil di Indonesia agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara daring. 

Sharp juga menggelar program Terima Kasih Pahlawan Kesehatan Indonesia sebagai apresiasi kepada tenaga kesehatan yang bertugas di fasilitas kesehatan khusus pasien covid-19 dengan memberikan bantuan berupa paket sembako, produk air purifier, dan santunan biaya sekolah bagi anak-anak mereka. "Program ini merupakan ungkapan terima kasih kami terhadap jasa yang telah dilakukan oleh mereka. Kami melihat betapa besar pengorbanan para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas, terpisah dari keluarga selama berhari-hari, dan mengindahkan risiko yang begitu besar demi menolong sesama," ujar Teraoka.  

Kekhawatiran munculnya gelombang ketiga covid-19 menjadi hal yang patut diwaspadai. "Mengurangi mobilitas di luar rumah, tetap menjalankan protokol kesehatan, dan melakukan vaksinasi menjadi upaya yang yang dapat dilakukan guna menekan laju penularan. Melalui kampanye ini Sharp ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama meningkatkan empati dengan melakukan hal yang dapat mengurangi risiko penularan dari diri sendiri kepada keluarga, teman, hingga kerabat," jelas Pandu Setio selaku Senior PR & Brand Communication Manager Sharp Electronics Indonesia.  

Sejalan dengan kampanye tersebut, Sharp menjalankan program CSR yaitu Sharp Ada Untuk Mu. Ini merupakan program vaksinasi dan pembagian masker berkolaborasi dengan Human Initiative dan dinas kesehatan daerah sebagai wujud dukungan perusahaan kepada program pemerintah untuk mencapai target vaksinasi nasional dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjalankan prokes.  

Guna mendukung pengurangan mobilitas di luar rumah, Sharp Indonesia pun turut meluncurkan fasilitas-fasilitas belanja melalui kanal online. Memanfaatkan aplikasi Sharp.id, perusahaan melakukan kerja sama dengan beragam e-commerce dan rekanan dealer lain menggelar program Shop From Home guna memberikan kemudahan untuk berbelanja produk elektronik tanpa harus keluar rumah. 

Sebagai bagian dari kampanye #LetsBeAHero, perusahaan meluncurkan program belanja online seperti Virtual Exhibition Sharp Novemberia yang akan dimulai pada akhir November dan Sumo Hoki atau program belanja yang menghadirkan beragam kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki produk-produk elektronik berkualitas dengan promo menarik pada awal Desember 2021 hingga Maret 2022. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya