Selasa 05 Oktober 2021, 15:07 WIB

UNJ Kukuhkan Dua Guru Besar Ilmu Sosial

Syarief Oebaidillah | Humaniora
 UNJ Kukuhkan Dua Guru Besar Ilmu Sosial

Dok UNJ
Prof. Dr. Sarkadi, M.Si dan Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd (tengah) saat sidang pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta.

 

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) mengukuhkan dua guru besar yakni Prof. Dr. Sarkadi, M.Si dan Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd digelar di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ, Selasa (5/10). Keduanya berasal dari Fakultas Ilmu Sosial.

Acara pengukuhan dilaksanakan terbatas dan digelar baik luring maupun daring yang disiarkan lewat kanal YouTube Edura TV.

Pertama adalah Prof. Dr. Sarkadi, M.Si yang dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Pembelajaran PPkn dengan judul orasi ilmiah Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Pembelajaran Abad 22.

Kedua adalah Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd yang dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu Teknologi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan orasi ilmiah Pendidikan Karakter bagi Generasi Z.

baca juga:  Lomba Debat Bahasa Indonesia Ajak Siswa Berpikir Positif Tentang Indonesia

Dalam orasi Ilmiahnya, Prof. Dr. Sarkadi, M.Si menyampaikan urgensi PPKn terhadap kompetensi pembelajaran abad 22 untuk memperkuat dan memberikan keyakinan kepada kita bahwa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sangatlah penting dalam setiap perkembangan zaman. Oleh sebab itu, rekonstruksi pembelajaran PPKn sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kualitas dan juga dalam menghadapi kompleksitas zaman.


Sementara orasi Prof Etin adalah mendidik Generasi Z yang berkarakter diperlukan pendekatan, metode, dan tools yang khas dan berbeda dengan generasi sebelumnya (generasi X dan Y). Generasi Z merupakan generasi teknologi, di mana mereka lebih akrab dan ramah terhadap teknologi.

Oleh karena itu, dalam orasinya Prof Etin memberikan sumbangsih penting mengenai pendekatan pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKN yang khas bagi generasi Z yaitu pendekatan teknologi melalui penggunaan aplikasi virtual reality game.

Teknologi android ini dapat membantu generasi Z dalam berinteraksi, lebih smart dan friendly, bila dibandingkan dengan hanya membaca buku teks karakter.

Dalam sambutannya, Prof Komarudin selaku Rektor UNJ mengatakan pengukuhan dua Guru Besar Tetap UNJ hari ini merupakan rangkaian prosesi pengukuhan yang keempat dari 22 Guru Besar yang dikukuhkan.

Rektor berharap pencapaian jabatan akademik tertinggi di dunia pendidikan, bisa memberikan motivasi untuk untuk terus berkarya, berkontribusi, memberikan keteladanan dan manfaat bagi UNJ, masyarakat, bangsa, dan negara, khususnya dalam bidang pendidikan. (N-1)

 

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya