Jumat 01 Oktober 2021, 11:35 WIB

Pemda Didukung BNPB Pastikan PON XX di Kabupaten Jayapura Disiplin Prokes

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Pemda Didukung BNPB Pastikan PON XX di Kabupaten Jayapura Disiplin Prokes

ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra
KIRAB OBOR PON XX: Petugas membawa obor PON XX Papua ketika diarak mengelilingi kota Wamena, Papua, Rabu (29/9/21).

 

STADION Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura akan menjadi lokasi pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX BESOK (2/10). Pemerintah Kabupaten Jayapura memastikan kesiapan stadion, termasuk dalam penyelenggaraan pesta akbar olahraga yang aman covid-19.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memastikan kesiapan stadion dan penerapan prokes selama kompetisi berlangsung. Adapun ada "5 Sukses" yang diutamakan dalam penyelenggaran PON kali ini yaitu sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses penyelenggaraan, sukses adaministrasi, dan yang terpenting sukses bebas covid-19.

"Proses vaksinasi terus kita galakkan, protokol kesehatan juga selalu kita sosialisasikan," terang Mathius dalam keterangannya Jumat (1/10). Menurutnya, vaksinasi dan protokol kesehatan menjadi garda terdepan untuk keberhasilan PON XX bebas covid-19. "Seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PON ini harus sudah divaksin dan wajib mematuhi protokol kesehatan," tegasnya.

Mendukung gagasan PON XX tanpa adanya lonjakan kasus Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON XX terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan ini berlangsung. Mulai dari alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, screening, penggunaan masker yang benar dan edukasi protokol kesehatan lain.

"Kita akan pastikan penyelenggaraan PON XX ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus covid-19," jelas Prasinta Dewi Ketua Satuan Tugas Prokes PON XX yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pencegahan BNPB.

Khusus untuk pembukaan PON XX Sabtu (2/10) besok, Satgas Prokes PON XX akan menurunkan gerai dan mobil masker bersamaan juga beberapa relawan di Stadion Lukas Enembe. "Untuk pembukaan besok kita akan menyiapkan dua gerai masker dan dua mobil masker di Stadion Lukas Enembe," papar Prasinta.

Sementara itu, total gerai masker yang dibangun di empat wilayah penyelenggaraan PON XX adalah sebanyak 24 gerai dan Mobil Masker sebanyak 8 mobil. Menurut Prasinta, jumlah tersebut terus bertambah seiring adanya partisipasi dari instansi lain.

Target masker yang akan dibagikan oleh Satgas Prokes PON XX adalah sebanyak 1 juta masker. "Kita berharap masyarakat Papua selama PON berlangsung dan sesudahnya tidak ada kenaikan kasus covid-19 dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan," harap Prasinta. Hingga Kamis (30/9) total masker yang berhasil didistribusikan Satgas Prokes PON XX di 4 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua sebanyak 329.230 masker. (H-1)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Luncurkan Program Menara Vokasi, 5 Daerah Jadi Tuan Rumah 

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:55 WIB
Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Industri, Sariadi mengatakan, program inisiasi Ditjen Vokasi itu akan memperkuat...
Dok. Perpusnas

Literasi Jadi Kunci Penting Indonesia Maju 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:32 WIB
Literasi berbasis inklusi sosial menjadi kunci penting, karena melalui Perpusnas, perpustakaan di Indonesia kini tak lagi hanya sekedar...
Ist

Modifikasi Gaya Hidup Efektif Cegah Diabetes

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:05 WIB
Sebagaimana penyakit lainnya, langkah terbaik yang perlu kita lakukan ialah mencegah diabetes sedari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya