Minggu 26 September 2021, 12:19 WIB

Jawa Tengah Juara Umum Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Tahun 2021

Faustinus Nua | Humaniora
Jawa Tengah Juara Umum Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Tahun 2021

Dok. Kemendikbud-Ristek
Juara pencak silat putra jenjang Dikmen SMK pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2021.

 

Provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2021 dengan raihan 16 medali. Dari 16 medali tersebut, sembilan di antaranya adalah medali emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Kepada para peserta KOSN, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek), Nadiem Makarim mengapresiasi dan berbangga karena semangat dan perjuangan yang dibuktikan di tengah pandemi covid-19. Para peserta KOSN terus berupaya meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional, serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

“Saya bangga kepada adik-adik peserta KOSN 2021 yang telah berkompetisi dengna penuh semangat, yang menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran. Saya yakin kalian adalah kekuatan bangsa dan akan mendorong Indonesia menjadi Indonesia yang Tangguh yang bisa tumbuh,” kata Nadiem secara virtual saat menutup secara resmi KOSN 2021, pada Sabtu (25/9).

Baca juga: BNPB Beri Pembekalan Relawan Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura

Nadiem berharap para peserta KOSN terus semangat untuk berlatih dan mengikuti ajang kompetisi di tingkat nasional maupun di tingkat internasional. “Kalah atau menang bukan soal. Karena menantang diri sendiri untuk terus berprestasi itulah ciri seorang juara yang sejati,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemendikbud-Ristek, Suharti mengapresiasi para juara KOSN 2021. “Saya ucapkan selamat kepada para juara. Saatnya kalian menargetkan pada tingkat yang lebih tinggi pada level internasional. Kami bangga kepada kalian semua. Kepada kalian yang belum berhasil menjadi juara, jangan putus asa. Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Bagi kami kalian tetap juara ,” kata Suharti.

Untuk menjadi juara, kata Suharti, tentunya membutuhkan perjuangan yang panjang dengan terus latihan, pantang menyerah dan tetap semangat meraih kemenangan. “Yang namanya kompetisi ada yang menang dan ada juga yang kalah, namun mereka tidak pernah putus asa. Atlet yang putus asa tidak akan pernah jadi juara. Jadi adik-adik tetap semangat untuk berlatih dan kami tunggu kiprah adik-adik dalam percaturan tingkat dunia dan membawa harum nama Indonesia," harap Suharti.

KOSN tingkat nasional dilaksanakan secara daring dengan jumlah peserta pada jenjang SD terdapat cabang olahraga pencak silat dan karate. Peserta pada cabang tersebut diikuti oleh 198 siswa pencak silat dan karate 130 siswa. Kemudian jenjang SMP, terdapat cabang olahraga pencak silat sebanyak 199 siswa dan karate 134 siswa.

Sementara itu untuk jenjang SMA, diikuti oleh 132 siswa Pencak Silat dan 125 siswa Karate. Untuk SMK diikuti oleh 128 siswa Pencak Silat dan 129 siswa Karate. Untuk jenjang SDLB Tolak Peluru diikuti 15 siswa, Lempar Bola Kasti 19 siswa, dan Bocce 16 siswa. Sedangkan jenjang SMPLB dan SMALB cabang Tenis Meja diikuti 15 siswa, Lompat Jauh Tanpa Awalan 24 siswa, Bulu Tangkis 19 siswa, Bola Basket 16 siswa, Bocce 16 siswa, dan Balap Kursi Roda 11 siswa.

Dalam pengumuman para juara KOSN 2021, setelah Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat menjadi juara kedua dengan raihan sebanyak 15 medali di antaranya lima medali emas, lima medali perak, dan lima medali perunggu. Selanjutnya disusul oleh Provinsi Kalimantan Barat dengan raihan dua medali emas, DKI Jakarta dengan raihan satu medali emas, lima perak, dan tiga perunggu, serta Provinsi DI Yogyakarta dengan raihan satu medali emas, dua perak, dan dua perunggu. (H-3)

 

Baca Juga

http://www.halal.go.id/

Wajib Sertifikasi Halal Bagi Obat dan Kosmetik Dimulai, BPJPH Janji Percepat Layanan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:49 WIB
Aqil mengatakan terobosan yang hendak dilakukan, yakni menerapkan digitalisasi layanan. BPJPH harus menerapkan pelayanannya secara digital...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Epidemiolog UI: Penurunan Kasus Aktif Bukti Vaksin Covid-19 Efektif

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:32 WIB
Penurunan kasus aktif di Tanah Air menjadi bukti semua vaksin covid-19 yang digunakan Pemerintah Indonesia efektif dan aman digunakan...
Ilustrasi

Kemenkes Jajaki 3 Obat yang Dianggap Bisa Atasi Pandemi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:08 WIB
Obat-obat tersebut yakni Molnupiravir dari Merck, AT-527 dari Roche and Athea Pharmaceutical, dan Proxalutamide dari Suzhou Kintor...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya